Kompas.com - 12/01/2018, 14:40 WIB
Ilustrasi makanan diet DragonImagesIlustrasi makanan diet
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Ada satu indikator yang jelas bahwa diet yang kamu jalankan belum sukses, yaitu berat badan yang tidak berubah. Tapi, ternyata ada hal lain yang menandakan kamu harus mengganti jenis diet.

Tanda itu bukan sekadar muat-tidak muatnya pakaian kita, namun juga dampak kepada kesehatan. Dr Petra Simic dari Bupa Health Clinics menjabarkan beberapa tanda dari tubuh yang menunjukkan bahwa diet kita salah:

1. Bau mulut

Bau mulut bisa terjadi sebagai hasil dari proses metabolisme yang disebut Ketosis. Dr Simic menjelaskan, saat tubuh tidak memiliki cukup glukosa untuk mengolahnya jadi energi, maka tubuh alan membakar cadangan lemak. Ini menghasilkan asam yang disebut keton.

Keton ini lah yang membuat bau mulut. Baunya agak mirip dengan penghapus kuteks atau pewarna kuku.

Ia menyampaikan, orang-orang yang melakukan diet karbohidrat rendah juga cenderung  memiliki bau nafas serupa. Ini juga perlu diwaspadai sebagai alarm diabetes tipe 1.

"Solusinya, tambah porsi makanan, sehingga kamu mendapatkan tingkat energi yang dibutuhkan sehingga problem bisa diatasi," ujar Dr Simic.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perlu diingat pula, keton bukan satu-satunya penyebab bau mulut. Beberapa sumber lainnya antara lain kopi, merokok dan perawatan gigi yang buruk.

Baca juga : 6 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Saat Melakukan Diet Ketogenik

2. Rambut menipis

Rambut yang menipis adalah indikasi dari kurangnya zat besi. Dr Simic menjelaskan, zat besi berguna untuk memproduksi sel darah merah, yang membantu penyimpanan oksigen dan membawa oksigen di darah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.