Agar Tak Menyesal Bikin Tato, Perhatikan 10 Hal Ini - Kompas.com

Agar Tak Menyesal Bikin Tato, Perhatikan 10 Hal Ini

Kompas.com - 12/01/2018, 20:00 WIB
Ilustrasi pembuatan tato.Thinkstockphotos Ilustrasi pembuatan tato.

KOMPAS.com - Bagi yang para pengemarnya, tato adalah sebuah karya seni. Tato juga dianggap mewakili sifat, pemikiran dan karakteristik seseorang. Karena sifatnya permanen, pembuatan tato seharusnya dipersiapkan dengan matang. Tapi, banyak loh orang yang melakukan beberapa kesalahan saat mentato tubuhnya. 

Agar seni merajah tubuh ini tidak menimbulkan penyesalan di kemudian hari, hindari kesalahan yang sering dilakukan saat memutuskan membuat tato.


 1. Salah tempat
Ingat ya, enggak semua bagian tubuh bisa ditato. Misalnya membuat tato di wajah yang sebenarnya kurang direkomendasikan karena alasan estetika dan konsekuensi sosial setelahnya. 
 
Bahkan, di negara maju konsekuensi membuat tato di bagian tubuh yang terlihat seperti wajah, leher kepala, masih besar. 
 
Pada tahun 2011, 31 persen pengusaha mengatakan kepada situs Career Builder bahwa karyawan yang memiliki tato di bagian tubuh terlihat cenderung susah naik jabatan.
 
Selain itu, salah menempatkan tato juga akan menyulitkan ketika ingin membuat tato dengan desain besar.  Itu sebabnya, jika berencana membuat tato berdesain besar di masa mendatang pada bagian tubuh tertentu, pastikan untuk tidak mentato di bagian itu agar hasilnya sesuai harapan.
 
2. Tidak mencari studio tato terbaik
Pastikan melakukan riset kecil-kecilan tempat tato terbaik.  Ada banyak yang perlu dipertimbangkan, misalnya karya seniman tato yang bisa dilihat dari portofolionya, gaya desainnya, dan tak kalah penting kebersihannya.
 
3. Minum alkohol
Jangan pernah minum alkohol sebelum tubuh ditato. Sebuah pemikiran yang salah kalau menganggap dengan minum alkohol, maka akan menghilangkan rasa sakit.  Malahan, bila minum alkohol sebelum ditato, darah yang keluar akan jauh lebih banyak, karena darah kita sulit menggumpal seperti umumnya. 
 
4. Ditato oleh orang yang tak disukai
Nah, ini juga patut dihindari. Mentato tubuh adalah sebuah pengalaman hidup. Saat ditato, kita akan duduk dan ngobrol, hingga sebuah karya seni di tubuh tercipta.
 
Untuk itu, penting untuk mentato tubuh dengan seseorang yang tidak membuat kita risih. 
Bahkan, bila ditato oleh seniman terkenal pun, kita tak akan mendapatkan pengalaman apa pun bila tidak menikmati proses tersebut.  Karena itu, jangan biarkan pengalaman mentato tubuh rusak karena salah memilih seniman tato.
 
5. Tidak jujur dengan seniman tato
 Kalau kita orang yang takut menyakiti perasaan orang, seringkali tidak nyaman mengatakan sesuatu yang jujur--entah itu hasil karya yang tak sesuai harapan atau ada yang salah.
 
Padahal, pendapat yang jujur dari kita itu perlu, apalagi bila ada kesalahan dari seniman tato.
Karena, kita pasti enggak ingin kan menanggung permanen kesalahan dari seniman.
 
Kalau ternyata seniman tato kalian tersinggung dan marah, berarti mereka bukan seniman tato yang cocok. 
 
6. Tidak berbicara satu sama lain selama ditato
 Salah satu kesalahan besar lainnya adalah tidak berbicara dengan seniman saat ditato. 
Jika ingin sesuatu, misalnya istirahat sejenak untuk ke kamar kecil, cukup bilang saja. Atau misalnya ada sesuatu yang ingin ditambahkan, ya tinggal bilang.  Dengan begitu hasilnya juga akan memuaskan. Jangan hanya duduk pasif. Bangun suasana agar proses mentato juga nyaman.
 
7. Salah mengenakan busana
Kemungkinan salah kostum juga bisa terjadi saat kita akan membuat tato. Kulit yang baru ditato perlu ruang terbuka untuk sirkulasi udara.  Karena itu, gunakan pakaian yang tidak mengganggu dan menyentuh terlalu keras area tato tersebut.
 
8. Tak memikirkan perawatan
Selalu dengarkan saran dari para seniman soal perawatan tato kalian. Hindari dulu berenang, menyelam dan mandi setelah ditato. Kalau nekat, risikonya bisa fatal dan membahayakan diri.
Selain itu jangan juga tidur di posisi yang ditato, misalnya tidur menindih lengan kalian yang baru ditato.
 
9. Pelit memberi tips ke seniman tato
Saat pertama kali ditato pasti akan ragu, apakah tak masalah memberi tips ke seniman tato.
 Jawabannya adalah tak ada masalah sedikit pun. Mereka bekerja berjam-jam untuk membuat kreasi yang kita inginkan.
 
Dikerjakan pula dengan teliti dan penuh kreativitas, maka sangat wajar bila memberikan tips yang layak ke mereka.
 
10. Tidak berpikir jangka panjang
Ini bagian penting, karena mentato adalah permanen, maka harus dipikirkan dampak jangka panjangnya.  Beberapa saran ini perlu diterapkan, seperti tidak mentato nama pasangan, memilih seniman tak berkualitas dan ditato oleh teman. 
 
 
 
 

EditorLusia Kus Anna
SumberAltpress
Komentar
Close Ads X