Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2018, 06:50 WIB
Nabilla Tashandra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia menjadi salah satu tujuan Marvel untuk memperluas jangkauan pasarnya pada 2018. Hal itu dilakukan termasuk melalui penjualan produk fashion.

"Pasar di Indonesia sangat besar, karena itu kami memberi perhatian di sini," kata Vice President Creative The Walt Disney Company, Greater China, Allen Au-Yeung seusai acara Marvel Creative Day Out di Binus University, Jakarta Barat, Jumat (12/1/2018).

Kerja sama dilakukan, baik dengan perusahaan dalam negeri maupun kolaborasi dengan desainer lokal. Beberapa produk yang dibuat oleh desainer lokal juga dipamerkan dalam acara yang sama. Mulai dari lukisan, miniatur, hingga barang pakai.

Salah satu benda pakai yang dipamerkan adalah gelas kaleng khas Indonesia yang dihiasi desain superhero Marvel. Di antaranya Captain America, Black Widow, Iron Man, dan Hulk. Ada pula kalender dengan desain karakter Spiderman.

Beberapa produk kerjasama Marvel dan desainer lokal Indonesia dipamerkan pada acata Marvel Creative Day Out di Binus University, Jakarta Barat, Jumat (12/1/2018).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Beberapa produk kerjasama Marvel dan desainer lokal Indonesia dipamerkan pada acata Marvel Creative Day Out di Binus University, Jakarta Barat, Jumat (12/1/2018).
Dipamerkan pula kaos bergambar karakter Marvel seperti Deadpool hingga kaos perempuan dengan desain tanpa lengan.

Allen menambahkan, dalam mengembangkan pasar dalam sebuah negara, harus diketahui terlebih dahulu karakter pasar yang dituju. Untuk Indonesia, misalnya, ia mengaku cukup mengetahui karakternya karena pernah bekerja selama beberapa waktu di Jakarta.

Ia sempat mempelajari perbedaan karakter laki-laki dan perempuan dalam budaya di Indonesia. Salah satu contoh pengembangan produknya, misalnya dengan membuat syal atau kerudung berdesain karakter Marvel. Sebab, di Indonesia banyak perempuan yang mengenakan kerudung.

"Kami mencoba masuk ke lifestyle sesuai dengan negaranya," kata dia.

Salah satu produk kerjasama Marvel dan desainer lokal Indonesia dipamerkan pada acata Marvel Creative Day Out di Binus University, Jakarta Barat, Jumat (12/1/2018).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Salah satu produk kerjasama Marvel dan desainer lokal Indonesia dipamerkan pada acata Marvel Creative Day Out di Binus University, Jakarta Barat, Jumat (12/1/2018).
Marvel juga akan melakukan pengembangan dan pemasaran produk untuk tiga film Marvel yang akan rilis di 2018, yaitu Black Panther, The Avengers Infinity War dan Antman and The Wasp. Setiap film menurutnya memberi inspirasi bagi pengembangan produk yang akan dipasarkan.

Ia menuturkan, setiap negara sebetulnya adalah targer pasar yang besar. Termasuk Indonesia dengan jumlah penduduk yang juga besar. Di Indonesia, kerja sama dibangun salah satunya dengan Matahari agar produk Marvel menjangkau seluruh daerah di Indonesia.

Apresiasi yang diberikan oleh masyarakat Indonesia terhadap Marvel juga menurutnya sangat besar. Namun, Allen enggan merinci soal proyek yang akan dijalankan karena masih dalam pengerjaan.

"Kami ingin mengembangkan lebih banyak lagi fans Marvel di Indonesia," tuturnya.

Patung karakter Marvel, Thor dan Hulk pada acara Marvel Creative Day Out di Binus University, Jakarta Barat, Jumat (12/1/2018).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Patung karakter Marvel, Thor dan Hulk pada acara Marvel Creative Day Out di Binus University, Jakarta Barat, Jumat (12/1/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com