Kompas.com - 15/01/2018, 12:01 WIB
Ilustrasi pria bercukur Thomas NorthcutIlustrasi pria bercukur
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Sedikitnya satu dari tiga laki-laki mengalami kulit mereka memerah dan ruam saat melakukan perawatan kulit (grooming). Yang paling banyak dikeluhkan adalah saat mencukur.

Keluhan tersebut paling sering dialami oleh mereka yang kulitnya sensitif. Pada dasarnya, tidak ada cara cepat dan ampuh untuk mencukur pada kulit sensitif. Namun, setidaknya delapan tips ini bisa membantu mengurangi iritasi tersebut:

1. Eksfoliasi

Semakin halus permukaan kulit wajahmu, semakin sedikit kemungkinan goresan pada saat mencukur wajah. Sebelum mencukur, bersihkan wajah dengan scrub eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah.

2. Gunakan brush wajah

Mengoleskan krim atau minyak cukur dengan jari hanya akan membuat kulit tambah iritasi. Sebab tangan kita cenderung tidak steril. Karena itu, gunakanlah brush khusus wajah wajah untuk mengoleskan krim cukur ke wajah sensitifmu.

Selain bisa membuat kulit lebih lembut dan mudah dibersihkan, bulu-bulu halus pada brush juga baik untuk melapisi bulu-bulu janggut di wajah. Sehingga akan memudahkan untuk dicukur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

3. Buat bulu-bulu menjadi lembut

Semakin halus bulu-bulunya, maka semakin mudah untuk dicukur. Untuk memulainya, usapkan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat ke permukaan wajahmu, kurang lebih 2 menit sebelum mencukur.

Physician Director Healthcare Transformation at Kaiser Permanente in San Diego, Jeffrey Benabio, M.D. mengatakan, hal itu akan membuat bulu-bulu menjadi halus dan pori-pori membesar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X