Kompas.com - 16/01/2018, 10:00 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Sudah menjadi rahasia umum kalau sarapan memiliki manfaat yang besar bagi manusia —mulai dari meningkatkan kecerdasan otak, mengatur fokus, hingga menjaga berat badan.

Tapi ternyata, tak semua menu sarapan memiliki manfaat serupa. 

Jika Kamu menumpuk menu dan mengisinya dengan jenis makanan yang salah, maka benefit dari sarapan tak akan tercapai.

Nah, cobalah isi piring sarapan Kamu dengan menu bergizi nan sehat, yang memiliki campuran protein, lemak, karbohidrat, serat, dan makanan anti-inflamasi (anti-peradangan).

Baca juga: Apa Manfaat Sarapan untuk Anak?

Menu makanan semacam itu tak hanya menghasilkan banyak nutrisi, juga menghindari perut keroncongan, yang biasanya muncul sekitar pukul 10 pagi.

Ahli gizi Stacy Goldberg mengatakan, salah satu makanan yang penting untuk ada di setiap sarapan pagi Kamu adalah telur.

Cara masaknya mudah, cukup sediakan dua telur yang kaya akan omega-3 dan satu sendok teh olive oil.

“Dan jangan lupa, kuning telurnya harus Kamu makan juga,” ujar Goldberg kepada Shefinds.com.

Alasannya,selain karena kadar vitamin D dan biotin yang tinggi, protein dalam kuning telur membantu Kamu merasa kenyang.

Baca juga: Temuan baru, Pizza Dianggap Menu Sehat untuk Sarapan

Bila ingin sesuatu yang lain, Kamu bisa mengombinasikan telur dengan roti gandum, bayam atau sayuran hijau lainnya, serta semangkuk buah-buahan jenis beri.

Kombinasi dari serat, karbohidrat, dan antioksidan tak hanya menjaga lingkar pinggang Kamu, tapi pun bisa memberi nutrisi yang dibutuhkan, agar pagi hari lebih fokus dan produktif.

Bahkan, sarapan sehat ini dapat membantu Kamu menurunkan berat badan.

Bagaimana, tertarik mencoba?

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.