Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menambah Waktu Tidur Bisa Bantu Mengurangi Berat Badan?

Kompas.com - 16/01/2018, 20:44 WIB
Nabilla Tashandra

Penulis

KOMPAS.com - Tidur tidak hanya bisa mengurangi stres, menambah produktivitas, dan meningkatkan sistem imun. Studi juga menunjukkan bahwa tidur cukup bisa membantu mencapai berat badan ideal.

Pertanyaannya, berapa jam tidur yang diperlukan untuk bisa mendapatkan berat badan yang ideal?

Para peneliti mengumpulkan 42 orang dewasa yang mengakui tak memiliki cukup waktu tidur pada malam hari. Setengah dari partisipan diminta tetap pada pola tidur mereka. Sementara setengah lainnya dilatih untuk tidur sehat, yaitu membantu mereka tidur 90 menit lebih lama daripada biasanya.

Seluruh partisipan menggunakan monitor pada pergelangan tangan mereka untuk mengetahui berapa lama mereka tidur.

Selain itu, asupan makanan, aktivitas fisik dan level energi mereka juga dicatat.

Setelah empat minggu, kelompok yang dilatih untuk memiliki tidur sehat menambah rata-rata 47 menit waktu tidur, antara tertidur dan kembali bangun (termasuk 26 menit waktu sulit tidur). Ini sesuai laporan yang diberikan American Journal of Clinical Nutrition.

86 persen dari mereka juga menghabiskan lebih banyak waktu di tempat tidur. Rata-rata ada tambahan selama 56 menit.

Waktu tambahan tidur tersebut memberikan keuntungan dan bisa menjawab mengapa kekurangan tidur kerap dikaitkan dengan obesitas.

Baca juga : Tambahkan Durasi Tidur agar Diet Sukses

Mereka yang dilatih untuk tidur sehat mengkonsumsi lebih sedikit makanan daripada mereka yang tidak dilatih untuk tidur sehat. Selisihnya mencapai 176 kalori. Hal itu juga terjadi karena mereka mengurangi makan makanan tidak sehat.

Mereka yang tidur lebih banyak ternyata bisa mengurangi konsumsi gula hingga 10 gram per hari. Sedangkan kelompok lainnya hanya mengurangi kurang dari satu gram.

Kelompok yang tidur lebih banyak juga mengkonsumsi lebih sedikit karbohidrat dan menguranginya hingga 22 gram. Sementara kelompok lainnya justru makan 3 gram lebih banyak.

Berdasarkan hasil studi, memperbaiki pola tidur dan pola diet tak menunjukkan banyak perubahan terhadap berat badan. Namun, hasilnya cukup konsisten, bahwa jumlah lemak yang terbakar lebih banyak saat seseorang memiliki istirahat yang cukup.

Para peneliti meyakini bahwa tidur cukup bisa membantu seseorang untuk menurunkan berat badan.

"Hasilnya, menunjukkan bahwa menambah durasi tidur satu jam atau lebih akan menggiring kita untuk memilih makanan yang lebih sehat," kata pemimpin studi sekaligus peneliti nutrisi, Haya Al Khatib, PhD.

Jadi, jika ingin usaha menurunkan badan lebih efektif, cobalah untuk mengatur pola tidurmu lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com