Para Ibu, Ini 10 Cara Cerdas Mengatur Keuangan

Kompas.com - 19/01/2018, 18:54 WIB
Ilustrasi ritel Wavebreakmedia LtdIlustrasi ritel
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Hai, para ibu. Bingung mengatur keuangan? Jangan khawatir, mengatur keuangan memang tidak mudah. Banyak hal yang harus diurusi, mulai dari perawatan anak, aktivitas rumah tangga, dan lainnya.

Berikut 10 tips bagi para ibu untuk mengatur keuangan. Tak hanya untuk dilakukan sendiri tapi juga bisa jadi contoh baik untuk anak belajar mengatur uang, lho.

1. Atur budget

Mengatur budget adalah langkah awal untuk mengatur keuangan dengan baik. Saat membuat daftar budget, alokasikan uang untuk keperluan darurat dan keperluan utama terlebih dahulu. Setelah itu, baru lah lihat jumlah yang tersisa. Sisihkan beberapa persen untuk ditabung.

2. Bertukar pakaian

Anak-anak tumbuh sangat cepat. Ini menjadi alasan agar kita tak selalu membeli kebutuhan mereka secara konstan. Bertukar pakaian bisa menjadi solusi. Bisa dengan anggota keluarga bahkan teman, tukarlah pakaian yang masih bagus dan layak pakai untuk kita atau anak kita .

3. Beli paketan

Sejumlah produk atau bahan makanan seringkali harganya lebih murah jika dibeli secara paketan, bukan satuan. Namun, cermat lah mana produk atau makanan yang bertahan lama. Jika tidak awet, maka produk tersebut bisa rusak atau busuk jika disimpan terlalu lama.

4. Cari barang diskon

Coba lah rajin berkeliling dan mencari barang-barang diskon. Bisa juga melirik cuci gudang yang dilakukan beberapa orang terhadap barang yang sudah tak mereka pakai.

Ini bisa menjadi solusi untuk berhemat, sehingga kita tak perlu membuang uang membeli barang mahal untuk anak jika memang hanya terpakai selama beberapa bulan saja. Asal cermat, membeli barang bekas juga tak masalah, kok!

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X