Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Fitur Wajah yang Memunculkan Kesan Pertama Positif

Kompas.com - 22/01/2018, 07:24 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Ada pepatah yang mengatakan 'jangan menilai buku dari sampulnya'. Tapi, pepatah semacam ini hanya mudah untuk diucapkan saja daripada dilakukan.

Tak heran jika jabat tangan dan senyum percaya diri terbukti menjadi cara agar kesan pertama berjalan sukses.

Namun, menurut psikolog Leslie Zebrowitz dari Brandeis University, Amerika Serikat, kemungkinan besar orang menilaimu berdasarkan 4 fitur wajah yang sedikit aneh.

Riset dari psikolog Leslie Zebrowitz yang diterbitkan dalam jurnal Current Direction in Psychological Science telah meneliti bagaimana manusia menilai kesan pertama orang lain.

Dengan menganalisis bagaimana otak kita bereaksi terhadap wajah-wajah tertentu, ia menyimpulkan bahwa ciri-ciri wajah yang paling memungkinkan seperti bentuk wajah yang awet muda, ramah, bugar, dan kemiripan emosional adalah hal yang paling diperhatikan oleh orang lain.

Wajah yang awet muda atau baby face biasanya memiliki mata yang besar, dagu pendek, wajah bulat dan dahi yang besar. Menurut riset tersebut, melihat wajah yang awet muda membuat kita memperlakukan pemiliknya dengan lebih baik.

Ini bisa terjadi karena orang selalu menganggap lemah orang yang lebih muda atau menganggap mereka seperti anak-anak.

Sementara itu, mereka yang memiliki wajah ramah dan bugar selalu dianggap sebagai seseorang yang banyak 'disukai', cerdas dan cakap.

Sedangkan orang yang menunjukkan ekspresi emosional yang positif di wajah, adalah pertanda baik tentang apa yang oleh Zebrowitz disebut "kemiripan emosional."

Meskipun Kamu tidak dapat mengendalikan semua faktor ini, Kamu dapat memperbaiki kemiripan emosional dengan menggunakan 6 Bahasa Tubuh yang Mendatangkan Kebaikan Hidup.

Kamu juga harus menghindari 10 Bahasa Tubuh yang Mendatangkan Citra Buruk, Generasi Milenial Harus Tahu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com