Kompas.com - 22/01/2018, 12:06 WIB
Ilustrasi kentang YelenaYemchukIlustrasi kentang
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com — Menyantap ikan mentah untuk sashimi memang terasan nikmat. Belum lagi benefit dari ikan yang kaya kandungan Omega 3—yang dipercaya bisa membuat IQ jadi lebih tinggi hingga tidak mudah depresi. 

Kendati demikian, enggak semua makanan bisa dimakan mentah. Ada makanan-makanan yang perlu Kamu hindari untuk disantap dalam keadaan mentah karena masalah kesehatan.

1. Kentang

Kepala nutrisi Terra’s Kitchen, Lisa Davis, mengungkapkan mengonsumsi kentang mentah berdampak pada perut kembung dan gastrointestinal yang tidak diinginkan. Sebab, kentang mengandung zat tepung yang sulit untuk dicerna.

Parahnya, jika berada lama di daerah yang hangat atau lembab, kentang mentah akan menjadi hijau dan mengembangkan racun yang disebut solanine

Kamu juga perlu cermat untuk melihat permukaan kentang. Bila terdapat bintik hijau, kamu harus hindari, sebab solanin dapat menyebabkan keracunan makanan.

2. Singkong

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi singkongslpu9945 Ilustrasi singkong
Pangan lokal ini terasa nikmat bila digoreng atau direbus. Tapi, jangan sekali-kali nekat untuk makanan singkong mentah-mentah dan dalam jumlah banyak karena dapat mematikan.

Terdapat sianida dalam singkong mentah. Senyawa itu berada dalam bentuk glikosida sianogenik yang dinamakan linimarin. 

Memang, senyawa tersebut jumlahnya kecil, tetapi bila masuk ke tubuh bisa terurai menjadi hidrogen sianida, racun sianida yang paling beracun dan mematikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.