Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2018, 12:29 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

Sumber nypost.com

KOMPAS.com - Pernahkah Kamu merasa bosan berolahraga setiap hari? Agar hal itu tidak terjadi, Kamu perlu cari partner buat olahraga. 

Para peneliti dari Belanda merilis studi yang mengungkapkan bahwa memiliki partner olahraga berdampak positif bagi kesehatan—di mana lebih dari 90 persen orang yang memulai program latihan tetap berlanjut hingga setahun, menurut Sunday Times of London.

Peneliti David van Bodegom mengatakan para subjek penelitian tersebut adalah anggota grup fitness yang rata-rata berusia lebih dari 65 tahun. 

Salah satu grup berada di kota Ulft—di mana 69 orang mulai bertemu pada tahun 2010 untuk berolahraga selama satu jam di pagi hari. Kehadiran rata-rata adalah lima sesi setiap dua pekan.

Ada satu hal yang menurut van Bodemgom penting, yakni enam sukarelawan partner berolahraga berasal dari latar belakang yang sama dengan kelompok tersebut, dan memahami keadaan, tujuan dan keterbatasan mereka.

Hasilnya, tingkat kebugaran dari mereka meningkat drastis.

Bahkan, dampak dari program ini tak terbatas pada orang lanjut usia. 

Studi yang dipublikasikan di jurnal Translational Behavioral Medicine ini mengungkapkan orang-orang dari segala usia akan mendapatkan keuntungan saat nge-gym bersama teman.

Baca juga : Lebih Sehat dan Bahagia Bila Bergabung Dalam Klub Olahraga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber nypost.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com