Kompas.com - 23/01/2018, 07:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Ada jabatan menteri baru di Inggris, dan posisinya cukup unik karena mengurusi warga yang kesepian.

Perdana Menteri Inggris Theresa May menunjuk Tracey Crouch, Menteri Olahraga dan Komunitas Sipil, untuk memimpin kelompok antardepartemen menciptakan kebijakan yang terkait dengan "masalah kesepian" ini.

Lebih dari 9 juta orang di Inggris Raya dilaporkan sering atau selalu merasa kesepian. Padahal, berbagai penelitian menyimpulkan bahwa kesepian dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Salah satu studi tahun 2015 menyebutkan, perasaan kesepian akan meningkatkan risiko seseorang jatuh sakit. Ini karena kesepian kronik akan memicu perubahan sel sehingga kemampuan tubuh untuk melawan infeksi virus berkurang.

Selain itu, jika kita sedang menderita gejala flu, kesepian akan membuat penyakitnya bertambah parah.

Kesepian memang tidak bisa dianggap enteng. Para ahli bahkan bisa meningkatkan kemungkinan mati lebih cepat sampai 26 persen.

(Baca juga: Dunia Menghadapi Epidemi Kesepian)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Orang yang kesepian juga membuat sistem kesehatan harus kerja keras. Buktinya, menurut studi tahun 2010, orang yang kesepian juga berkunjung ke rumah sakit saat hari libur walau mereka sebenarnya sehat.

PM May menyebut kesepian sebagai realitas menyedihkan dalam kehidupan modern.

"Saya ingin menghadapi tantangan ini untuk masyarakat dan kita semua harus mengambil langkah dalam menghadapi rasa kesepian yang dirasakan para orang tua, mereka yang kehilangan anggota keluarga, atau sekadar orang yang tak punya kawan bicara," ujar PM May.

Diperkirakan 2 juta warga berusia 75 tahun ke atas di seluruh Inggris tinggal sendirian.

Para manula ini bisa berhari-hari bahkan hingga beberapa pekan tak mengalami interaksi sosial sama sekali.

Menteri urusan kesepian bukan satu-satunya posisi yang berkaitan dengan perasaan. Dalam beberapa tahun terakhir, di beberapa negara seperti Uni Emirate Arab dan India, ada posisi menteri kebahagiaan.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.