Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2018, 05:25 WIB

KOMPAS.com - Dibandingkan dengan gigi, lidah merupakan bagian dalam mulut yang sering diabaikan kebersihan serta kesehatannya. Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa penyakit yang disebabkan oleh lidah yang kotor?  

Dr. Puneet Ahuja, Konsultan Senior Bedah Gigi di Sri Balaji Action Medical Institute, India mengatakan bahwa beberapa infeksi dapat disebabkan karena kebersihan lidah yang buruk.

Oleh karena itu, penting mengetahui cara menjaga kesehatan lidah agar terhindar dari sejumlah infeksi yang dapat mengganggu kesehatan.

Lidah yang sehat berwarna merah muda dengan bintik kecil yang disebut papila, juga akan ada lapisan putih tipis di atasnya.

Dr. Puneet Ahuja mengatakan bahwa memiliki lidah berwarna merah muda sama sekali bukanlah mitos belaka, justru ini fakta yang perlu semua orang ketahui.

Lidah yang berwarna hitam, kuning, putih, atau bahkan merah,menandakan bahwa lidah tersebut tidak bersih.

Baca juga : Bau Mulut Mengganggu? Coba Kerokan Lidah

Bagaimana cara menjaga kesehatan lidah?

Mengabaikan perawatan lidah bisa menimbulkan efek negatif. Lidah bisa menunjukkan tanda-tanda masalahnya dengan mengalami perubahan warna. Dalam beberapa kasus malah di sertai rasa sakit atau tidak nyaman.

Lidah yang berubah warna atau sakit dapat menandakan adanya masalah kesehatan yang lebih serius seperti kekurangan vitamin, AIDS, hingga kanker mulut.

Untuk mencegah berbagai penyakit dan infeksi yang mungkin terjadi, kita harus menjaga kesehatan lidah dengan cara:

1. Membersihkan lidah dengan pembersih khusus lidah

Dr. Euan Swan dari Canadian Dental Association di Ottawa mengatakan bahwa permukaan lidah bisa menampung banyak bakteri. Menumpuknya kuman di lidah bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut.

Bakteri yang terkurung dalam lidah bisa melakukan perjalanan ke bagian lain di mulut. Hal ini bisa menyebabkan penumpukan plak yang menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit pada gusi.

Pertumbuhan bakteri yang berlebihan bisa mengubah lidah menjadi kuning, putih atau bahkan hitam. Studi di University of Michigan’s School of Medicine menemukan bahwa sekitar sepertiga spesies bakteri yang ditemukan pada lidah manusia tidak pada permukaan lain di mulut mereka.

Oleh karena itu, dr. Ahuja mengatakan cara penting agar lidah tetap terjaga kesehatannya ialah dengan membersihkannya menggunakan alat khusus pembersih lidah.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com