Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2018, 14:12 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Selama kehamilan, kaki biasanya akan bengkak dan nyeri pada tumit, sehingga kita jadi malam berjalan kaki. Dalam situasi tersebut, sepasang alas kaki yang nyaman merupakan keharusan.

Peningkatan berat badan dan perubahan bentuk tubuh saat hamil akan mengubah pusat gravitasi dan ini berpengaruh pada cara ibu hamil berjalan. Tekanan pun berpindah ke bagian punggung, kaki, dan tumit.

Pada akhir masa kehamilan, masalah kaki bengkak biasanya akan bertambah parah. Sepatu atau sandal yang tepat bukan hanya bisa menopang tubuh dengan baik, tapi juga menjaga keselamatan bayi.

Berikut adalah beberapa tips untuk mencari alas kaki yang tepat dan nyaman untuk ibu hamil:

1. Pilih alas kaki yang gampang dipakai dan dicopot tanpa perlu membungkuk.

2. Pilih sepatu yang mendukung bagian lengkung kaki dan pergelangan kaki. Sepatu yang tepat akan mengurangi rasa nyeri pada persendian yang sering dikeluhkan ibu hamil saat berjalan.

3. Sebaiknya pilih alas kaki dengan ukuran setengah atau satu nomor lebih besar dari yang seharusnya. Ruangan ekstra dibutuhkan oleh kaki karena kaki akan bengkak di trimester ketiga.

4. Alas kaki dengan tumit datar merupakan pilihan yang tepat. Namun, tak semua wanita merasa nyaman dengan sepatu flat. Jika ingin yang memakai hak, pilih yang bentuk hak-nya lebar (bukan runcing) dan rendah.

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi
5. Sepatu dengan bagian hak yang lebar akan membantu mendistribusikan berat badan ke bagian sol dan juga mengurangi nyeri pada kaki. Tumit yang rendah juga akan mengurangi risiko terjatuh.

6. Jika Anda tidak bisa menemukan alas kaki yang bisa menopang lengkung kaki, gunakan sisipan tambahan.

7. Pilih alas kaki yang memudahkan sirkulasi udara sehingga kaki tidak mudah berkeringat. Sepatu kanvas adalah pilihan yang tepat. Memakai sandal juga bisa membuat kaki mudah "bernapas".

8. Sepatu sneaker merupakan pilihan tepat jika Anda banyak berjalan selama kehamilan. Sedangkan sepatu model lofers lebih cocok jika Anda ingin tetap stylish dan nyaman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.