Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2018, 14:12 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Selama kehamilan, kaki biasanya akan bengkak dan nyeri pada tumit, sehingga kita jadi malam berjalan kaki. Dalam situasi tersebut, sepasang alas kaki yang nyaman merupakan keharusan.

Peningkatan berat badan dan perubahan bentuk tubuh saat hamil akan mengubah pusat gravitasi dan ini berpengaruh pada cara ibu hamil berjalan. Tekanan pun berpindah ke bagian punggung, kaki, dan tumit.

Pada akhir masa kehamilan, masalah kaki bengkak biasanya akan bertambah parah. Sepatu atau sandal yang tepat bukan hanya bisa menopang tubuh dengan baik, tapi juga menjaga keselamatan bayi.

Berikut adalah beberapa tips untuk mencari alas kaki yang tepat dan nyaman untuk ibu hamil:

1. Pilih alas kaki yang gampang dipakai dan dicopot tanpa perlu membungkuk.

2. Pilih sepatu yang mendukung bagian lengkung kaki dan pergelangan kaki. Sepatu yang tepat akan mengurangi rasa nyeri pada persendian yang sering dikeluhkan ibu hamil saat berjalan.

3. Sebaiknya pilih alas kaki dengan ukuran setengah atau satu nomor lebih besar dari yang seharusnya. Ruangan ekstra dibutuhkan oleh kaki karena kaki akan bengkak di trimester ketiga.

4. Alas kaki dengan tumit datar merupakan pilihan yang tepat. Namun, tak semua wanita merasa nyaman dengan sepatu flat. Jika ingin yang memakai hak, pilih yang bentuk hak-nya lebar (bukan runcing) dan rendah.

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi
5. Sepatu dengan bagian hak yang lebar akan membantu mendistribusikan berat badan ke bagian sol dan juga mengurangi nyeri pada kaki. Tumit yang rendah juga akan mengurangi risiko terjatuh.

6. Jika Anda tidak bisa menemukan alas kaki yang bisa menopang lengkung kaki, gunakan sisipan tambahan.

7. Pilih alas kaki yang memudahkan sirkulasi udara sehingga kaki tidak mudah berkeringat. Sepatu kanvas adalah pilihan yang tepat. Memakai sandal juga bisa membuat kaki mudah "bernapas".

8. Sepatu sneaker merupakan pilihan tepat jika Anda banyak berjalan selama kehamilan. Sedangkan sepatu model lofers lebih cocok jika Anda ingin tetap stylish dan nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com