Tahap Perawatan Wajah Penting yang Sering Dilupakan

Kompas.com - 26/01/2018, 08:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Masih banyak wanita yang melupakan satu tahapan perawatan wajah penting saat berdandan, yakni memakai tabir surya. Padahal, tinggal di negara tropis yang paparan sinar ultravioletnya terjadi sepanjang tahun, memakai tabir surya wajib hukumnya.

Paparan sinar matahari berdampak buruk pada lapisan kulit. Paparan yang berlebihan juga akan meningkatkan radikal bebas di tubuh.

"Akibatnya adalah kerusakan sel dan tanda penuaan lebih cepat terlihat, misalnya warna kulit tidak merata atau bintik kehitaman. Yang paling berbahaya tentu kanker kulit," kata Dr.Kenneth Thean, direktur medis di Ensoul Medical Clinic Singapura, seperti dikutip dari Elle Singapore.

Tabir surya akan menghambat sinar ultraviolet masuk ke dalam kulit dan memicu kerusakan, salah satunya adalah kulit terbakar.

Jika memakai tabir surya belum masuk dalam rutinitas harian kamu, tak ada kata terlambat untuk mulai melakukannya.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui ketika memilih produk tabir surya:

- Ada dua jenis tabir surya, yaitu chemical sunscreen yang akan menyerap dan mengubah radiasi ultraviolet menjadi panas, serta physical suncreen, yang menghalangi sinar UV masuk ke kulit. Kedua jenis produk ini sama-sama efektif jika digunakan dengan tepat.

- Pilih tabir surya yang memiliki label "broad spectrum" atau spektrum luas SPF. Ini berarti produk tersebut akan melindungi kulit kita dari ultraviolet A dan ultraviolet B.

- Produk dengan kadar SPF 50 lebih dianjurkan, karena ini berarti mampu menghalangi 98 persen radiasi UV. Tabir surya dengan kadar lebih dari 50 tidak terlalu diperlukan karena efek perlindungannya belum terbukti lebih efektif dan justru bisa menyebabkan pori-pori kulit tersumbat.

- Tabir surya seharusnya dipakai sebelum kita meninggalkan rumah di pagi hari dan dipakai ulang beberapa waktu kemudian. Jika kita lebih banyak beraktivitas di kantor, Thean menyarankan setidaknya memakai ulang tabir surya pada jam 12 siang dan jam 3 sore.

- Agar tabir surya bekerja efektif, gunakan tabir surya kira-kira satu sendok teh untuk seluruh wajah dan leher.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X