Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/01/2018, 11:20 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber stylecraze

KOMPAS.com - Warna bibir yang merah muda dan lembab memang lebih menarik dibanding bibir kehitaman, apalagi pada wanita. Namun, walau kita tak merokok pun warna bibir bisa berubah jadi lebih gelap.

Tidak ada penyebab khusus bibir jadi menggelap, karena berbeda pada tiap orang, tergantung tone warna kulit dan usia.

Secara umum penyebab warna bibir lebih gelap adalah ketidakseimbangan hormonal. Wanita yang sudah menopause lebih rentan mengalaminya.

Wanita yang mengonsumsi pil kontrasepsi dalam waktu lama juga akan mengalami hiperpigmentasi pada kulit atau warna jadi lebih gelap.

Penyebab lain adalah paparan sinar matahari. Kulit di sekitar bibir dan dagu sangat sensitif dan ini adalah bagian yang pertama kali terpapar matahari. Kondisi itu bisa diperburuk dengan kebiasaan merokok.

Memang kita bisa menutupi bagian bibir yang gelap itu dengan lipstik atau concealer, tetapi itu bersifat sementara.

Sebenarnya kita bisa mencerahkan bagian bibir yang gelap ini dengan rutinitas sederhana dengan bahan-bahan alami. Misalnya saja melakukan scrub bibir dengan campuran gula dan madu. Lakukan secara teratur untuk mengangkat sel kulit mati di bibir.

Kita juga bisa membuat masker bibir dengan bumbu dapur, misalnya campuran jus tomat, bubuk kunyit, dan air jeruk nipis, yang diaplikasikan ke bagian bibir. Diamkan sekitar 20 menit sebelum dibilas, dan lakukan 3-4 kali dalam seminggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber stylecraze
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com