Kompas.com - 26/01/2018, 11:20 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Warna bibir yang merah muda dan lembab memang lebih menarik dibanding bibir kehitaman, apalagi pada wanita. Namun, walau kita tak merokok pun warna bibir bisa berubah jadi lebih gelap.

Tidak ada penyebab khusus bibir jadi menggelap, karena berbeda pada tiap orang, tergantung tone warna kulit dan usia.

Secara umum penyebab warna bibir lebih gelap adalah ketidakseimbangan hormonal. Wanita yang sudah menopause lebih rentan mengalaminya.

Wanita yang mengonsumsi pil kontrasepsi dalam waktu lama juga akan mengalami hiperpigmentasi pada kulit atau warna jadi lebih gelap.

Penyebab lain adalah paparan sinar matahari. Kulit di sekitar bibir dan dagu sangat sensitif dan ini adalah bagian yang pertama kali terpapar matahari. Kondisi itu bisa diperburuk dengan kebiasaan merokok.

Memang kita bisa menutupi bagian bibir yang gelap itu dengan lipstik atau concealer, tetapi itu bersifat sementara.

Sebenarnya kita bisa mencerahkan bagian bibir yang gelap ini dengan rutinitas sederhana dengan bahan-bahan alami. Misalnya saja melakukan scrub bibir dengan campuran gula dan madu. Lakukan secara teratur untuk mengangkat sel kulit mati di bibir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kita juga bisa membuat masker bibir dengan bumbu dapur, misalnya campuran jus tomat, bubuk kunyit, dan air jeruk nipis, yang diaplikasikan ke bagian bibir. Diamkan sekitar 20 menit sebelum dibilas, dan lakukan 3-4 kali dalam seminggu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber stylecraze
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.