Kompas.com - 28/01/2018, 11:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Setelah putus cinta, apalagi yang penuh drama, mungkin kita akan kesepian dan kangen dengan kebiasaan yang dulu bersama si dia.  Karena alasan penasaran apakah ia masih ingat dan merindukan kita, biasanya kita sulit menahan godaan untuk mencari tahu kabar si mantan lewat media sosial.

Tindakan iseng dan seolah tak berbahaya ini sebenarnya justru membuat proses putus cinta makin berat dilalui.

Walau kamu sangat ingin tahu keadaan si mantan, tapi semakin sering kamu stalking media sosialnya, makin galau perasaan, dan makin besar keinginan kita untuk kembali. Akibatnya, kamu makin sulit move on dan belajar bagaimana menghadapi perpisahan.

Mengubur masa lalu akan lebih mudah jika kamu mengetahui rambu-rambut menggunakan media sosial setelah putus cinta.

1. Jangan stalking
Jangan ikuti keinginan hati untuk membaca status-statusnya di media sosial. Akan lebih baik lagi jika kamu berhenti berteman dengannya di medsos. Jika tidak, kamu akan terus merasa sakit hati saat melihat foto atau status yang diunggahnya tak sesuai harapan, misalnya ia tampak tetap ceria dan melanjutkan hidupnya.

2. Jangan menulis tentangnya di internet
Menulis tentangnya di media sosial sama artinya dengan memancing masalah. Jika kamu ingin mengungkapkan perasaan tentangnya, bicaralah dengan sahabat dekat secara langsung. Jangan mengumbarnya di media sosial agar kamu kelak tak menyesal.

3. Jangan "berteman" dengan mantan pacarnya
Ini adalah jebakan yang jarang disadari banyak orang. Berteman dengan mantan pacarnya yang dulu di media sosial tak akan membuat kamu merasa lebih baik .

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

4. Puasa media sosial
Jika kamu merasa menjauh dari si mantan sangat sulit, pertimbangkan untuk menghilang sementara dari media sosial. Sebagian orang tanpa disadari memang kecanduan rasa sakit. Walau makin merasa sedih dan sakit setelah stalking media sosial si mantan, tapi masih juga dilakukan.

5. Manfaatkan media sosial untuk mendapat teman baru
Jangan ragu untuk mengubah status kamu di media sosial menjadi "single" setelah putus. Kesempatan untuk menjalin hubungan baru akan terbuka lebih luas.

6. Abaikan postingan tentangmu
Mantanmu, teman, atau keluarganya, mungkin menulis sesuatu tentang seseorang yang kamu yakin yang dimaksud adalah kamu. Tapi faktanya belum tentu benar. Bahkan jika kamu yakin 100 persen yang disinggung adalah kamu, abaikan saja.
 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Your Tango
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.