Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/01/2018, 07:23 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Mendapatkan perut rata dan kencang memang butuh perjuangan. Lebih dari sekadar menjaga pola makan, kita juga harus tahu jenis latihan otot yang tepat.

Agar latihan otot yang kita lakukan efektif, kuncinya adalah melakukan variasi latihan. Jika kamu mulai bosan dengan plank, coba latihan L-Sit. Ini merupakan latihan yang dianggap efektif untuk mengecilkan lingkar perut.

Metode latihan L-Sit memang sering diaanggap sebagai latihan otot yang berat, tapi hasilnya sepadan dengan perjuangannya.

Metode ini tak hanya melibatkan kekuatan otot perut tetapi juga otot paha belakang, paha depan dan otot pinggul. Latihan ini juga sangat mudah diterapkan bagi semua orang, termasuk pemula dalam latihan beban.

Untuk melakukan L-Sit ini, duduklah di lantai dengan kaki lurus dan tangan di samping pinggul. Lalu, tekan kedua paha dan angkat tubuh dengan tangan sebagi titik tumpu.

Tahanlah posisi tersebut selama 10 detik saja. Lakukan gerakan tersebut selama 4 kali dengan diselingi istirahat selama 30 detik dalam setiap interval.

Jika cara ini menurutmu terlalu mudah, setelah mengangkat tubuh kamu bisa melakukan gerakan tambahan dengan menarik pinggul ke belakang dan condongkan tubuh ke depan. Biarkan kakimu bergerak beberapa inci ke belakang. Ini akan membuat otot perut bekerja lebih keras.

Jika cara pertama terlalu berat buatmu, kamu bisa melakukan gerakan pertama di kolam renang atau mengunakan bantuan push-up stands untuk mempermudah gerakan.

Agar manfaat olahraga semakin Kamu dapatkan, simak 5 Manfaat Olahraga Telanjang dan Kepribadian Ternyata Menentukan Jenis Olahraga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com