Penelitian Ungkap, Pasangan yang Tepat Tentukan Kesuksesan Karier

Kompas.com - 29/01/2018, 09:00 WIB
Ilustrasi pasangan bernyanyisuriya silsaksom Ilustrasi pasangan bernyanyi

KOMPAS.com - Pasti banyak dari kita yang menyadari, siapa pasangan yang berada di samping kita, dapat menentukan seberapa sukses kita dalam urusan lain, misalnya karier, atau pun pendidikan.

Namun, mungkin belum banyak yang tahu bahwa pemahaman itu memang terbukti pula dalam penelitian ilmiah.

Faktanya adalah seseorang yang mencintai kita, tentu mampu membantu membuat kita maju dan bukan malah menjatuhkan.

Peneliti di Universitas Carnegie Mellon, Amerika Serikat melakukan survei terhadap 163 pasangan suami istri.

Baca: Benarkah Kekasih bisa Mempengaruhi Selera Makan Kita?

Dari sana ditemukan kenyataan, orang-orang dengan pasangan yang mendukung, cenderung menghadapi tantangan dengan lebih baik, dan berhasil meraih kesuksesan.

Mereka juga menemukan bahwa orang-orang yang bersaing untuk mendapatkan kesuksesan, hidup lebih bahagia dan mengalami kemajuan personal.

Pasangan yang berkomitmen membuat lebih sukses

Penelitian lain yang diterbitkan dalam Journal of Applied Developmental Psychology menyimpulkan, komitmen dan cinta adalah dua hal yang "saling menguatkan."

Para periset meneliti sekumpulan pemuda Jerman yang berusia 18-30 tahun --yang telah bekerja atau masih menempuh pendidikan, dan terlibat dalam hubungan romantis.

Ternyata, individu yang memiliki komitmen tinggi dalam cinta dan kerja menunjukkan reaksi terbaik dalam gejala psikologis, termasuk stres kerja dan kepuasan.

Riset ini dilakukan sebanyak dua kali dalam rentang waktu tiga tahun. Hasilnya, mereka yang memiliki komitmen, hidup dalam kebahagiaan yang melimpah dibandingkan mereka yang kurang berkomitmen.

Halaman:


EditorGlori K. Wadrianto
Sumber360nobs

Close Ads X