Panduan Memilih Lipstik yang Sesuai Warna Dasar Kulit

Kompas.com - 29/01/2018, 11:39 WIB
.VIA THINKSTOCK .

KOMPAS.com - Lipstik yang tepat bisa mengubah penampilanmu dengan instan. Tapi, masih banyak orang yang kesulitan menemukan warna yang tepat sesuai warna kulitnya.

Ada banyak jenis warna kulit. Salah satu kunci untuk menentukannya adalah mengetahui apakah warna kulitmu masuk dalam tipe "hangat" atau "dingin". Mengetahui tipe kulit kita bermanfaat dalam pemilihan berbagai kosmetik, mulai dari lipstik sampai foundation.

1. Menentukan tipe warna kulit
Make up artist selebriti, Alex LaMarsh, yang juga melukis bibir Kim Kadarshian dan Cher, mengatakan bahwa menemukan warna dasar kulit pada dasarnya tak sulit.

Beberapa orang menggunakan bagian nadi di pergelangan tangan sebagai patokan. LaMarsh mengatakan, jika warnanya biru atau ungu maka kamu memiliki warna dasar "dingin".

Dalam pemlihan warna, Nick Barose ,make up artist yang pernah bekerja dengan Lupita Nyong'o dan Gugu Mbatha-Raw, menyarankan untuk memilih lipstik di siang hari saat cuaca cerah sehingga akan terlihat warna yang nyata.

"Aturan umumnya, semakin cerah kulitnya, maka akan semakin kuat warna yang dihasilkan. Warnanya akan terlihat lebih alami dan tegas di lipstikmu daripada di contoh produknya. Sedangkan warna kulit yang gelap akan memberikan hasil akhir yang lebih dalam," kata Barose.

2. Pilihan lipstik untuk kulit putih
Dengan warna kulit seputih porselen, beberapa warna cenderung mudah terhapus. Warna yang lebih kuat bisa mengalahkan warna kulit yang putih seperti Michelle Williams dan January Jones.

Barose menyarankan, untuk tampilan yang natural, lipstik berwarna rose pink atau light mauve bisa menjadi pilihan yang tepat.

3. Kulit putih cerah dengan warna dasar "hangat"
Emma Stone dan Emma Robert adalah mereka yang memiliki kulit putih dengan warna dasar "warm atau hangat". Untuk menyempurnakan warna dasar tersebut, Barose menyarankan penggunaan warna yang lebih warm seperti peachy-pink atau salmon hue.

Sementara LaMarsh, menyarankan agar warna yang menunjukkan tampilan dramatis juga dicoba. "Aku suka jika mereka menggunakan lipstik berwarna orange-red yang tebal. Ini akan membantu menghidupkan warna kulit dan membuat mata semakin hidup," kata LaMarsh.

3. Kulit medium "dingin"
Jika warna kulitmu medium dengan warna dasar "dingin" seperti Taylor Swift dan Cameron Diaz, maka bibir dengan warna nude akan tampak memukau.

LaMarsh menyarankan pemakaian warna dusty rose karena akan membuat kulit tampak lebih "warm". Sedangkan warna lipstik merah menyala bisa digunakan untuk acara di malam hari atau acara tertentu.

Ilustrasipexels Ilustrasi

4. Kulit medium "hangat"
Mereka yang memiliki kulit medium hangat seperti Black Lively dan Jennifer Aniston. Tipe warna kulit ini akan terlihat cantik dengan warna nude dan tembaga. LaMarsh menyarankan warna tegas seperti glossy finish, yang akan menegaskan warna kulit yang keemasan. Jika menyesuaikan musim, lipstik nude dengan sedikit keemasan bisa dicoba.

5. Kulit warna olive "dingin"
Wanita dengan kulit seperti Bella Hadid dan Alexa Chung, memiliki kelebihan bisa menunjang penampilan dengan warna lipstik deep rose atau agak keunguan. Warna-warna ini memberi kesan hangat dan segar pada kulit serta membuat mata terkesan lebih tegas.

6. Kulit warna olive "hangat"
Jennifer Lopez, Jessica Alba dan Eva Mendes adalah mereka dengan warna kulit olive warm. Sangat cocok dengan warna merah gelap, berry atau pun orangey-nude. Warna-warna ini akan menegaskan warna kulitmu yang cenderung kuning-madu keemasan dan memberi kesan berseri-seri.

7. Kulit warna deep  "dingin"
Mereka yang memiliki kulit dengan warna dasar "deep-cool", seperti Viola Davis dan Lupita Nyong'o, bisa memilih banyak warna. Barose merekomendasikan warna plum dengan warna dasar biru. Warna pigmented yang kontras dengan kulit akan terlihat tegas saat digunakan.

8. Kulit warna deep "hangat"
Gabrielle Union, Ciara dan Halle Berry adalah mereka yang memiliki kulit deep warm. Mereka akan terlihat lebih menggoda jika menggunakan warna merah campuran ungu dan warm merlot. Warna-warna itu akan menonjolkan warna kulit yang keemasan dan memberikan kesan warna pipi yang segar.


Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorLusia Kus Anna
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X