Kompas.com - 30/01/2018, 11:00 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Banyak orang mengalami masalah susah tidur di Minggu malam. Padahal segala sesuatunya telah disiapkan. Mulai dari tempat tidur yang rapi, hingga piyama yang bersih.

Apakah Kamu salah satunya?

Psikolog dari Simba Sleep, Hope Bastine mengatakan, ada beberapa hal yang bisa menjadi alasan. Sebab, banyak orang yang mengalami hal serupa.

Kemungkinan penyebab pertama adalah karena adanya perubahan pola tidur pada akhir pekan, yang sebetulnya kurang sehat.

Sehingga, seolah kita berusaha memperbaiki kembali kebiasaan itu saat masuk ke minggu kerja, dan berusaha kembali segar saat bangun di Senin pagi.

Hal ini terdengar baik, tapi bisa menjadi masalah.

Sebab, manusia ada dasarnya adalah makhluk hidup dengan kebiasaan yang dibangun dari pola hidup tubuh, atau yang biasa dikenal dengan circadian rhythm.

"Rutinitas adalah 'bahasa utama' dari tubuh kita. Jadi saat kebiasaan kita berubah, otak kita merasakan perubahan yang mendadak," kata Hope.

Ia mencontohkan jika kita bangun pukul 10.00 pada hari Minggu, dan ingin tidur pada pukul 21.00, jaraknya hanya 11 jam. Ini belum cukup untuk membuatmu lelah dan tidur lelap.

Perubahan pola tidur yang mendadak tersebut merusak stimulasi hormon melatonin yang ada pada tidur kita.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.