Kompas.com - 30/01/2018, 16:00 WIB
. THINKSTOCK.
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Kehamilan sudah pasti merupakan momen yang sangat dinanti dan lahirnya sang buah hati adalah saat-saat yang ditunggu.

Banyak hal yang perlu diperhatikan selama masa kehamilan, agar sang bayi lahir sempurna dan ibu tetap sehat pascamelahirkan.

Di lain pihak, kehamilan merupakan momen yang sangat rentan bagi wanita.

Untuk itu, ibu hamil harus memperhatikan banyak hal agar janin dan dirinya sendiri bisa tetap sehat, dan selamat hingga proses melahirkan.

Di sepanjang kehamilan ada berbagai tantangan bagi ibu hamil, salah satunya adalah adanya infeksi.

Infeksi selama masa kehamilan dapat disebabkan oleh virus atau bakteri. Dampak yang timbul akibat infeksi, khususnya bagi ibu hamil tidak dapat diabaikan begitu saja.

Baca juga: Mungkinkah Infeksi Saluran Kemih Sembuh Tanpa Antibiotik?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Infeksi pada kehamilan dapat membahayakan baik bagi ibu, maupun janinnya.

Infeksi di saat hamil dapat mengganggu kesehatan organ reproduksi ibu. Juga, dapat mengganggu perkembangan janin, hingga dapat menyebabkan kematian baik pada janin maupun si ibu. 

Prinsip mengobati penyakit akibat infeksi pada wanita hamil adalah pertama-tama dengan memikirkan pengobatan apakah yang tepat untuk penyakit tersebut.

Biasanya terdapat berbagai macam pilihan, dan untuk alasan inilah prinsip yang kedua dilakukan, yaitu mengevaluasi keamanan pilihan terapi/obat bagi ibu dan janinnya.

Halaman:


Sumber Meetdoctor
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.