Dongkrak Daya Tahan Tubuh dengan Meniran

Kompas.com - 30/01/2018, 20:00 WIB
Daun Meniran Wikimedia CommonsDaun Meniran
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Indonesia memiliki banyak tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan untuk obat atau pun meningkatkan kesehatan. Namun baru sedikit yang telah diuji klinis, salah satunya adalah tanaman meniran.

Beberapa tanaman yang diketahui bisa meningkatkan daya tahan tubuh antara lain sambiloto, jahe, atau kunyit. Namun, meniran (Phyllanthurs niruri) dianggap yang paling efektif.

"Laboratorium kami sudah meneliti tanaman dari Indonesia, tetapi yang kami temukan yang terkuat adalah meniran," kata Raymond R Tjandrawinata, PhD, Direktur Dexa Medica dalam acara peluncuran kemasan baru Stickpack Stimuno Jeruk di Titan Center, Bintaro, Selasa (30/1).

Meniran dipakai sebagai bahan utama produk penambah daya tahan tubuh Stimuno produksi Dexa Medica. Produk ini sudah termasuk dalam fitofarmaka atau obat herbal dengan standar tertinggi karena sudah diuji klinis.

Raymond menyebutkan, zat aktif dalam meniran memiliki fungsi sebagai imunomodulator atau meningkatkan jumlah dan aktivitas sel-sel imun.

"Jadi sel imun yang tinggi direndahkan dan yang rendah ditingkatkan," ujarnya.

Selain mencegah penyakit, produk stimuno juga direkomendasikan untuk mempercepat penyembuhan penyakit.

Penelitian tanaman meniran, menurut Raymond, dilakukan sekitar 9 tahun. "Kami sudah uji klinis sampai 8 kali di seluruh pelosok Indonesia, di rumah sakit Indonesia dan melibatkan dokter serta pasien orang Indonesia," imbuhnya.

Produk Stimuno juga sudah diekspor ke beberapa negara, seperti Thailand, Vietnam, Filipina, dan Nigeria.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X