Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/01/2018, 20:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia memiliki banyak tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan untuk obat atau pun meningkatkan kesehatan. Namun baru sedikit yang telah diuji klinis, salah satunya adalah tanaman meniran.

Beberapa tanaman yang diketahui bisa meningkatkan daya tahan tubuh antara lain sambiloto, jahe, atau kunyit. Namun, meniran (Phyllanthurs niruri) dianggap yang paling efektif.

"Laboratorium kami sudah meneliti tanaman dari Indonesia, tetapi yang kami temukan yang terkuat adalah meniran," kata Raymond R Tjandrawinata, PhD, Direktur Dexa Medica dalam acara peluncuran kemasan baru Stickpack Stimuno Jeruk di Titan Center, Bintaro, Selasa (30/1).

Meniran dipakai sebagai bahan utama produk penambah daya tahan tubuh Stimuno produksi Dexa Medica. Produk ini sudah termasuk dalam fitofarmaka atau obat herbal dengan standar tertinggi karena sudah diuji klinis.

Raymond menyebutkan, zat aktif dalam meniran memiliki fungsi sebagai imunomodulator atau meningkatkan jumlah dan aktivitas sel-sel imun.

"Jadi sel imun yang tinggi direndahkan dan yang rendah ditingkatkan," ujarnya.

Selain mencegah penyakit, produk stimuno juga direkomendasikan untuk mempercepat penyembuhan penyakit.

Penelitian tanaman meniran, menurut Raymond, dilakukan sekitar 9 tahun. "Kami sudah uji klinis sampai 8 kali di seluruh pelosok Indonesia, di rumah sakit Indonesia dan melibatkan dokter serta pasien orang Indonesia," imbuhnya.

Produk Stimuno juga sudah diekspor ke beberapa negara, seperti Thailand, Vietnam, Filipina, dan Nigeria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com