4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Menyeduh Kopi

Kompas.com - 31/01/2018, 19:46 WIB
Mirza Luqman saat menyajikan kopi di Starbucks Reserve Pakubuwono, Jakarta, Senin (29/1/2018) Kompas.com/WisnubrataMirza Luqman saat menyajikan kopi di Starbucks Reserve Pakubuwono, Jakarta, Senin (29/1/2018)
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com — Apakah kopi yang kamu buat di rumah tidak seenak kopi yang dibeli dan diseduh di kedai kopi? Bisa jadi hal itu karena beberapa hal sederhana yang tidak kamu duga.

Beberapa dari kita tentu sudah pernah membeli kopi dalam bentuk biji atau bubuk di kedai kopi setelah merasakan enaknya kopi di sana. Walau kopi yang diseduh sama, rasanya ternyata tidak seenak buatan barista di kedai tersebut.

Nah, menurut Mirza Luqman, senior learning manager di Starbucks yang sudah berpengalaman 15 tahun menjadi barista, setidaknya ada empat hal penting yang harus diperhatikan saat menyeduh kopi agar terasa enak. Apa sajakah itu?

1. Air

Ilustrasi menyeduh kopiJin_Youngin Ilustrasi menyeduh kopi
Ingat, sekitar 98 persen kopi yang kamu minum itu terdiri dari air. Artinya, air memegang peran penting dalam menentukan rasa kopi nantinya.

Menurut Mirza, sebaiknya menggunakan air yang segar, bukan yang berbau logam, obat-obatan penjernih air, atau bau tengik.

"Kita bisa menggunakan air kran selama kualitasnya bagus. Bisa juga air mineral dalam botol  walau kualitas satu merek dengan merek lainnya berbeda," ujarnya di Starbucks Reserve Pakubuwono, Senin (29/1/2018).

Selain itu, Mirza juga menyarankan tidak menggunakan air murni. Pasalnya, air seperti itu justru membuat rasa kopi menjadi datar. "Lebih baik air bermineral karena kandungan mineral akan bereaksi dengan kopi untuk mengeluarkan rasanya," kata Mirza.

Soal suhu, temperatur yang tepat untuk menyeduh kopi adalah antara 90 dan 96 derajat celsius. Pada suhu itu, kopi akan terekstrak sempurna dan memunculkan flavour atau rasanya.

"Suhu bisa diukur menggunakan termometer. Namun bila tidak ada termometer, kita bisa mengakalinya dengan menunggu sekitar 1 menit setelah air mendidih, baru menuangkannya ke gelas kopi," ujar Mirza.

Baca juga : Mengapa Air Murni Menghasilkan Rasa Kopi yang Buruk?

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X