Kompas.com - 31/01/2018, 22:15 WIB
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Kamu pasti mendengar bahkan mungkin menyaksikan fenomena super blue blood moon yang terjadi tepat pada tanggal 31 Januari 2018 ini.

Sangat langka dan sangat spesial karena dalam satu malam, ada tiga fenomena bulan yang terjadi. Gabungan ketiga peristiwa luar angkasa yang sangat langka itu adalah supermoon ekstrabesar, blue moon atau bulan biru, dan gerhana bulan total. NASA menjulukinya sebagai super blue blood moon.

Bulan dianggap "biru" karena bulan purnama terjadi dua kali pada bulan yang sama.

Bulan juga akan melewati bayangan bumi untuk menciptakan gerhana bulan total. Sementara bayangan bumi saat itu akan tampak kemerahan seperti "darah". Singkatnya, ada banyak hal yang terjadi pada malam ini.

Namun bulan malam ini ternyata tak sekedar terlihat mengagumkan. Menurut Donna Page, seorang pakar astrologi, fenomena ini juga membawa makna pada astrologi.

Super moon pada malam ini terjadi saat Matahari berada di rasi bintang Aquarius dan bulan berada di Leo, sedangkan titik tengahnya pada Neptunus. Hal ini akan menciptakan energi Neptunian yang kuat.

"Ini adalah saat dimana pesan dari sisi lain dalam dirimu akan lebih mudah didengar. Gerhana ini akan membawamu ke sisi kreatifmu," ucap Donna Page.

Menurut Donna, orang mungkin sedikit emosional selama momen ini. Pasalnya, ini adalah saat di mana emosi terbawa dan dapat kita gunakan untuk menyembuhkan masa lalu dari rasa sakit hati.

Kita memang tidak perlu memikirkan masa lalu tapi menurut Donna Page, kita masih bisa memaafkan orang dan situasi masa lalu yang menyakitkan hati.

Pada momen ini, kita juga bisa melihat diri kita lebih dalam dari biasanya. Ini juga saat yang tepat untuk memikirkan bagaimana cara merawat diri lebih baik, entah secara emosional maupun fisik.

Jadi, luangkan waktu untuk duduk dan bercermin, biarkan pikiranmu mengembara. Kamu mungkin akan memikirkan lebih dari yang Kamu sadari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.