Kompas.com - 01/02/2018, 12:00 WIB
Lngkar pinggang sanchairatLngkar pinggang
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Bulan Januari telah berlalu. Mungkin ada fakta yang membuat kita frustasi, karena resolusi untuk mengurangi berat badan belum juga terwujud, atau bahkan gagal total.

Mungkin kondisi itu bukan sepenuhnya kesalahan kita.

Para peneliti di Universitas Exeter, Devon, Inggris menemukan fakta, sel lemak orang yang sudah kelebihan berat badan berada dalam kondisi "tertekan" dan "meradang".

Artinya, sel lemak tersebut tidak memberikan respons dan bekerja sejalan dengan sel lemak sehat yang ada di dalam tubuh.

Jadi, orang dalam kondisi ini memang harus berjuang lebih keras dalam mengurangi bobotnya. Dalil ini berlaku untuk jenis diet apa pun yang mereka pilih.

Penjelasan ini disampaikan Dr Katarina Kos dari Universitas Exeter, yang ambil bagian dalam penelitan ini. Dia juga adalah ahli ganguan kesehatan yang terkait obesitas.

Baca juga: Obesitas Vs Pubertas pada Anak Perempuan, Apa yang Perlu Kita Tahu?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sel-sel lemak ini tak mampu menyimpan kelebihan kalori, sehingga bisa menyebabkan lemak berpindah dan membungkus organ lain, seperti jantung misalnya," kata Kos.

Kondisi ini selanjutnya bisa menyebabkan lemak tersimpan ke dalam jaringan terdalam dari perut dan juga organ-organ vital.

Hasilnya, mereka mengalami kondisi perut yang membesar, -yang menggiring ke arah obesitas, atau pun memicu kelainan lain, misalnya kelebihan lemak di jantung, diabetes, atau pun penyakit jantung lainnya.

"Jadi sel lemak dalam orang yang kelebihan berat badan tidak dapat menjalankan 'fungsi'-nya," ungkap Kos.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.