Kompas.com - 01/02/2018, 19:00 WIB
Presiden AS Donald J. Trump tersenyum saat pidato kenegaraan di majelis Dewan Perwakilan Rakyat AS, di Washington DC, Selasa (30/1/2018). (AFP/Win McNamee) WIN MCNAMEEPresiden AS Donald J. Trump tersenyum saat pidato kenegaraan di majelis Dewan Perwakilan Rakyat AS, di Washington DC, Selasa (30/1/2018). (AFP/Win McNamee)
|
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Para ahli setuju, durasi tidur paling singkat untuk manusia setidaknya tujuh jam setiap malam.

Bagi banyak orang, kurang tidur berdampak buruk pada kesehatan, seperti sakit kepala dan masalah pencernaan.

Namun faktanya, ada juga orang di dunia ini yang mampu tidur hanya dalam waktu 4-6 jam setiap hari. Pola seperti inilah yang disebut dengan "tidur pendek".

Dan, salah satu orang yang memiliki pola tidur unik tersebut adalah Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Berdasarkan hasil laporan kesehatan tahunan, dokter pribadi presiden kontroversial ini melaporkan bahwa Trump hanya tidur 4-5 jam dalam semalam.

"Dia hanya salah satu dari orang-orang itu. Dia memang tidak memerlukan banyak tidur," kata Dr. Ronny Jackson selaku dokter pribadi Presiden Trump.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada saat kampanye, suami Melania ini pernah berkata, dia memang tidak bisa tidur nyenyak. Saat itu Trump berkata, dia hanya tidur selama 3-4 jam setiap harinya.

Trump memang bukan satu-satunya orang yang memiliki pola tidur singkat seperti ini.

Orang-orang kelas atas seperti Indra Nooyi, CEO Pepsi dan mantan Presiden AS Barack Obama, hampir tidak pernah mendapati sebuah malam yang mereka bisa gunakan untuk tidur layaknya orang lain.

Baca juga: Tak Dipinjamkan Lukisan Van Gogh, Trump Ditawari Kloset Lapis Emas

Fenomena seperti ini, dalam The Wall Street Journal disebut dengan "pola tidur elite", di mana orang-orang dengan pola tidur singkat seperti ini hanya membutuhkan sedikit tidur setiap malamnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X