Kompas.com - 02/02/2018, 08:40 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Mengangkat kotoran dan sel kulit mati harus dilakukan secara rutin agar tidak menjadi komedo dan jerawat. Salah satu cara murah dan efektif adalah menggunakan masker putih telur.

Masker wajah putih telur bisa dibuat sendiri di rumah tanpa repot. Menurut dr.Steffy Aditya, Clinical Director NMW Skincare Kalimalang Bekasi, putih telur sangat efektif membersihkan kulit dari komedo.

"Dibanding dengan produk pore pack di pasaran, masker ini lebih efektif dan alami. Selain itu, putih telur juga bisa menutrisi kulit," kata Steffy.

Untuk melakukan masker ini, pertama bersihkan wajah dan buka pori-pori wajah dengan menguapinya. "Taruh air panas di baskom lalu dekatkan wajah agar uapnya mengenai kulit. Setelah itu baru oleskan putih telur ke seluruh wajah," paparnya.

Setelah masker mengering dan wajah terasa kaku, bersihkan wajah dengan air dingin. "Bisa juga pakai air kulkas tapi jangan langsung dikenai ke wajah karena bisa menyebabkan efek terbakar. Jadi gunakan handuk yang sudah dicelup ke air dingin," katanya.

Steffy mengatakan, saat ini di pasaran memang banyak tersedia berbagai jenis masker wajah. Namun, jika ingin memakai bahan alami, maka masker putih telur ini direkomendasikan.

"Kalau pakai masker yang dijual itu belum tentu cocok karena pasti ada tambahan zat-zat lainnya. Masih ada risiko alergi atau sensitif. Tapi, banyak juga yang cocok, jadi harus dicoba dulu. Kalau putih telur saya rasa tidak ada efek sampingnya," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.