Kompas.com - 02/02/2018, 11:03 WIB
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Berencana mengadakan perjalanan dalam waktu dekat? Rasanya semua orang sepakat bahwa traveling alias bepergian membutuhkan banyak uang.

Tentunya Kamu harus benar-benar cerdik dalam mengatur keuangan dan pandai memilah kapan kamu bisa royal mengeluarkan uang dan kapan berhemat, tapi dengan tetap mendapatkan perjalanan yang memuaskan.

Robert Miller, President of Travel Advocates yang berlokasi di Hoboken, New Jersey, mengatakan hal pertama yang harus kita tentukan adalah menentukan budget dan apa saja yang menurutmu penting.

Kamu bisa juga meminta saran pada travel agent soal strategi mengatur budget.

Nah, apa saja kiranya yang harus Kamu hemat dan yang boleh Kamu alokasikan lebih?

1. Yang harus dihemat

Pertama, adalah bagasi. Bagasi bisa memakan biaya hingga lebih dari Rp 3 juta dan akan memotong budget travel. Coba lah lebih cermat dalam membawa pakaian, sehingga Kamu bisa melakukan mix and match tanpa harus membawa pakaian yang berbeda untuk setiap harinya.

Untuk menyiasati kekurangan, Kamu bisa menggunakan jasa cuci baju agar baju kotormu bisa dipakai ulang, atau membeli yang diperlukan di tempat tujuanmu nanti.

Dengan tidak mengurusi bagasi, Kamu juga punya lebih banyak waktu untuk berekplorasi dari pada harus menunggu bagasi.

Namun, catatannya, beri lah ruang di tasmu untuk membawa oleh-oleh.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.