Kompas.com - 02/02/2018, 14:02 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Para pecinta sneakers tentu sudah amat paham, Nike adalah salah satu brand ternama yang telah mengedepankan sejumlah inovasi dalam pembuatan alas kaki.

Sebutlah inovasi yang diberi nama Air, Flyknit, atau bahkan sepatu yang bisa mengunci tali sepatu sendiri.

Namun, sesungguhnya, rangkaian inovasi itu berawal dari sebuah produksi pertama menggunakan alat pencetak waffle sederhana.

Di tahun 1973 silam, co-founder Nike Bill Bowerman menemukan cara untuk menciptakan sol sepatu lari yang ringan dengan bantuan pencetak waffle milik sang istri.

Baca juga : Nike-Kyrie 4, Sepatu Monumental Kyrie Irving Lepas dari LeBron James

Alat pemanas pembuat penganan itu dipakai untuk mencetak karet sol pada bagian bawah sepatu. Hingga pada akhirnya lahir produk pertama Nike yang diberi nama Nike Waffle Trainer.

Alat pembuat waffle yang "berjasa" dalam pembuatan edisi pertama sepatu Nike itu kini mendapat tempat yang khusus di kampus Nike, di Oregon, Amerika Serikat.

Nike Waffle Trainer pun menjadi sepatu pertama Nike. Meski merek tersebut resmi diciptakan pada tahun 1971, namun pada tahun-tahun sebelumnya mereka mendistribusikan sepatu Onitsuka Tiger di bawah manajemen Blue Ribbon Sports.

Alat pencetak waffle dan sol karet edisi awal sepatu Nike yang dicetak menggunakan alat tersebut.VIA designtraveler Alat pencetak waffle dan sol karet edisi awal sepatu Nike yang dicetak menggunakan alat tersebut.

Kini setelah 44 tahun berlalu, beberapa hari lalu, sebagai bagian dari inisiatif baru Nike bertajuk "LeBron Watch,"  legenda the Waffle Trainer kembali dimunculkan.

"LeBron Watch" adalah peluncuran sebuah sepatu terbaru LeBron James yang dibuat dalam edisi terbatas, sebagai bagian dari seri new LeBron 15.

Lantas, mengapa disebut sebagai kembalinya legenda the Waffle Trainer?

Baca juga: Streetwear Meet Biker, Gaya Unik LeBron James Kini...

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber GQ
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.