Kompas.com - 03/02/2018, 13:47 WIB
|
EditorWisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi kreatif rupanya punya banyak manfaat. Bahkan bisa membuat seseorang menjadi bahagia. Kok bisa?

Branding Consultant Uti Rahardjo mengataan, kreativitas muncul dari kesenangan seseorang dengan sesuatu.

Misalnya melukis dan menyanyi. Mereka yang melakukannya, merasa bahagia melakukan hal itu.

"Dengan melukis, bernyanyi, kita enggak butuh apa-apa lagi kecuali happy. Misalnya kita ingin main piano karena memang ingin main piano," ujar Uti dalam Creative Biz Forum di Hotel Mahakam, Jakarta Selatan, Jumat (2/2/2018).

Menurutnya masih banyak orang yang merasa tidak kreatif karena beranggapan "kreatif" hanya ditujukan bagi sebagian orang. Misalnya artis dan seniman.

Padahal, banyak orang tidak kreatif karena tidak mempelajarinya.

"Makanya orang yang tidak kreatif mungkin tidak bahagia. Karena itu motif. Dia merasa tidak kreatif makanya dia tidak bahagia."

Pembuat gitar, Raka Shidiq (33), memperlihatkan gitar tipis karyanya yang diberi label Anymo Essential Guitar, di Bandung, Jawa Barat, Rabu (4/10). Anymo Essential Guitar yang bisa digunakan secara akustik dan elektrik ini diklaim sebagai gitar tertipis di dunia dengan ukuran tubuh gitar 8mm. Anymo meraih The Most Marketable Product pada Business of Design Week 2016 di Hong Kong, dan mendapat sambutan baik dari pecinta musik seperti di South by South West (SXSW) 2017 Austin AS, Salone Del Mobile Milano 2017, dan Casa Bravacasa 2017.ANTARAFOTO/Agus Bebeng Pembuat gitar, Raka Shidiq (33), memperlihatkan gitar tipis karyanya yang diberi label Anymo Essential Guitar, di Bandung, Jawa Barat, Rabu (4/10). Anymo Essential Guitar yang bisa digunakan secara akustik dan elektrik ini diklaim sebagai gitar tertipis di dunia dengan ukuran tubuh gitar 8mm. Anymo meraih The Most Marketable Product pada Business of Design Week 2016 di Hong Kong, dan mendapat sambutan baik dari pecinta musik seperti di South by South West (SXSW) 2017 Austin AS, Salone Del Mobile Milano 2017, dan Casa Bravacasa 2017.
Keuntungan dari menjadi kreatif tak hanya itu. Kreativitas dinilai bisa mengasah kemampuan untuk menyelesaikan masalah atau problem solving.

"Jadi kita akan menemukan solusi di antara tidak adanya solusi," tuturnya.

Ia mencontohkan hal yang terjadi pada pengusaha sekaligus mantan CEO Apple Inc, Steve Jobs.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.