Kompas.com - 03/02/2018, 14:21 WIB
Ilustrasi menghitung kalori Bet_NoireIlustrasi menghitung kalori
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Kalori sering dicap buruk oleh masyarakat. Padahal, tubuh manusia membutuhkan kalori untuk bertahan hidup. Tanpa kalori, kita tidak akan memiliki energi untuk beraktivitas. Lambat laun semua organ vital tubuh pun akan gagal berfungsi.

Selain memegang peranan penting untuk keberlangsungan hidup manusia, berikut sejumlah fakta menarik seputar kalori makanan dan tubuh manusia yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Kalori makanan dari tiap sumber zat gizi berbeda nilainya

Ilustrasi makanan sehatRawpixel Ltd Ilustrasi makanan sehat
Ada tiga sumber zat gizi utama yang diperlukan dalam jumlah besar oleh tubuh untuk menghasilkan kalori, yaitu karbohidrat, protein, dan lemak.

Nah, masing-masing sumber gizi ini ternyata memiliki kandungan kalori yang berbeda setiap gramnya. Satu gram lemak mengandung 9 kalori. Satu gram karbohidrat dan satu gram protein mengandung 4 kalori.

Lemak mengandung lebih banyak kalori dibandingkan zat gizi lainnya. Itu mengapa, asupan lemak yang berlebihan akan lebih mudah menumpuk kalori dalam tubuh.

Baca juga : Makanan Tinggi Kalori yang Bantu Penurunan Berat Badan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Label “0 kalori” bukan berarti benar-benar tidak ada kalori

Ilustrasi membaca label makananRyan McVay Ilustrasi membaca label makanan
Dalam pedoman pencantuman informasi nilai gizi label pangan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan, produk yang mencantumkan 0 (nol) kalori bukan berarti tidak mengandung kalori sama sekali.

Produk makanan yang mengandung kurang dari 5 kalori lumrah untuk dituliskan sebagai “energi total 0 kalori” dalam label informasi gizi pada kemasannya.

Baca juga : Jangan Terkecoh Kalori Snack yang Tertera di Kemasan

3. Tubuh tetap membakar kalori meski kita diam

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.