Kompas.com - 05/02/2018, 08:51 WIB
Ilustrasi tertawa ElenathewiseIlustrasi tertawa
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Tertawa bukan hanya bisa memperbaiki mood dan bikin hati senang. Beberapa ilmuwan menemukan fakta bahwa tertawa yang membawa segudang manfaat untuk kesehatan maupun hal lainnya. Apa saja fakta tentang tertawa yang wajib kamu ketahui?

1. Sebetulnya, tertawa belum tentu karena ada candaan atau lelucon

Robert Provine, seorang psikolog dari University of Maryland menemukan bukti bahwa sebenarnya manusia bisa tertawa saat mereka sedang berbicara basa-basi dengan temannya, bukan karena ada lelucon yang dilontarkan.

Robert juga mengatakan bahwa kita 30 kali lebih mungkin menertawakan sesuatu saat kita sedang bersama orang lain daripada ketika sendirian.

Robert melakukan penelitian dengan cara mengamati percakapan orang-orang di mal. Dari 1.200 tawa orang-orang di mal, ternyata hanya sekitar 10 persen tawa yang dihasilkan karena ada lelucon yang menggelitik. Sisanya adalah tawa dalam percakapan orang sehari-hari.

Tertawa juga bermanfaat untuk mempererat ikatan satu sama lain atau dalam kelompok. Ya, manusia sering tertawa pada kata-kata dan komentar lawan bicara yang mungkin tidak selalu lucu. Tertawa juga bisa menjadi bentuk komunikasi, tidak hanya sekadar reaksi.

Baca juga : Tersenyum Bisa Bikin Bahagia, Mengapa?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Pasangan yang sering tertawa bersama lebih langgeng hubungannya

Robert Levinson, profesor psikologi di University of California Berkeley, meneliti serta mengundang beberapa pasangan ke laboratoriumnya. Ia meminta masing-masing pasangan untuk mendiskusikan sesuatu yang membuat dia kesal tentang pasangannya.

Hasilnya didapat bahwa pasangan yang berdiskusi sambil tertawa dan senyum bisa merasakan emosi yang lebih baik. Lalu dengan tertawa, pasangan tersebut juga merasakan tingkat kepuasan lebih tinggi dalam hubungan asmaranya dan menjalin hubungan lebih langgeng.

Baca juga : Menikahlah dengan Orang yang Bisa Bikin Anda Tertawa

3. Tertawa itu “menular”

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.