Lingkungan Pengaruhi Kerja Otak, Benarkah?

Kompas.com - 05/02/2018, 14:57 WIB
Ilustrasi bersepeda di kota PurestockIlustrasi bersepeda di kota
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Studi terbaru menemukan bahwa aktivitas di tempat tertentu ternyata bisa mengubah cara kerja otak kita.

"Otak kita cenderung bekerja lebih keras dan sedikit kurang efektif saat kita berada di luar ruangan atau lingkungan yang dinamis," kata Kyle Mathewson, asisten profesor psikologi di University of Alberta, Kanada dan peneliti utama penelitian yang dipublikasikan di Journal Brain Research.

Dalam risetnya, Mathewson bersama lulusan University of Alberta, Joanna Scanlon mengamati aktivitas otak pada 12 orang saat mereka mendengar rangkaian nada.

Setiap orang diarahkan agar menekan tombol saat mereka mendengarkan satu atau dua suara.

Mereka diminta duduk diam di dalam sebuah laboratorium dengan pencahayaan rendah dan sunyi, serta mengendarai sepeda di jalanan.

Tujuannya adalah untuk melihat bagaimana fungsi-fungsi otak berjalan di dua lingkungan berbeda tersebut dan apakah fungsi otak berubah dengan aktivitas luar ruangan mereka sehari-hari.

Hasilnya ditemukan bahwa saat seseorang berada di luar ruangan, otak mereka tidak cukup kuat merespon tugas yang mereka pegang. Kemungkinan sebabnya adalah karena perhatian mereka teralihkan oleh hal sekitarnya.

Gelombang otak yang lebih baik ditunjukkan saat seseorang beristirahat atau bermeditasi, yang biasa diobservasi di laboratorium.

"Saat berada di luar ruangan, pikiran kita terpecah dengan suara lalu lintas, kemacetan, orang-orang di sekitar, pohon dan burung serta angin. Situasi itu memaksa otak untuk kerja lebih keras untuk meraih hasil pemikiran yang sama," ujar Mathewson.

Baca juga : Bekerja di Kafe yang Berisik Lebih Produktif Dibanding di Kantor

Hasil penelitian lainnya ditemukan Matthewson terhadap mereka yang mengendarai sepeda olahraga di dalam ruangan.

Halaman:


Sumber Time
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X