Kompas.com - 05/02/2018, 15:12 WIB
Ilustrasi tertawa DragonImagesIlustrasi tertawa
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Kata orang-orang, tertawa itu sehat. Bisa membuat lebih bahagia, lebih senang, dan melepaskan beban yang mungkin sedang jadi masalah. Ungkapan ini ternyata tidak salah.

Pada tahun 2001 lalu, seperti dimuat di WebMD, para peneliti dari University of Maryland melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa tertawa adalah senjata terakhir untuk melawat penyakit jantung.

Laporan para peneliti tersebut kepada American Heart Association, mengatakan jantung seseorang yang mengalami masalah akan lebih sehat ketika rutin tertawa, dan menggunakan humor untuk menghadapi masalah.

Dalam sebuah studi yang dilakukan Michael Miller, MD, direktur Center for Preventive Cardiology di University of Maryland Medical Center, Baltimore, ia dan koleganya meminta 150 orang yang pernah mengalami serangan jantung atau operasi jantung pergi ke pesta.

Tanpa mereka ketahui, di sana mereka akan bertemu dengan seseorang yang mengenakan baju identik dengan mereka, atau akan ada seorang pramusaji yang menumpahkan minuman kepada mereka.

Para peneliti kemudian membandingkan respon yang mereka tunjukkan, baik dari para penderita penyakit jantung, dan dari 150 responden sehat tanpa masalah jantung.

Hasilnya, orang yang lebih sehat ternyata lebih cenderung tertawa dan menggunakan humor untuk keluar dari situasi yang tidak nyaman tersebut. Di sisi lain, hanya 40% dari orang-orang dengan masalah jantung yang menghadapi situasi ini dengan tawa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga : 5 Fakta di Balik Tertawa, Tak Cuma Menyehatkan Tubuh

Belum diketahui bagaimana tepatnya tertawa dapat melindungi jantung, kata Miller. Namun beberapa bukti menunjukkan bahwa efek gelak tawa, terkikik, atau tertawa terbahak-bahak dapat mengurangi hormon stres seperti kortisol, sekaligus mengurangi tekanan darah.

Ini artinya tertawa bisa mengurangi risiko penyakit jantung. “Seperti diketahui, stres mental bisa merusak endothelium, dinding pelindung garis pembuluh darah,” kata Miller lagi.

Miller melanjutkan, di samping efek fisiologis, ada mekanisme tambahan untuk menjelaskan kenapa tertawa baik untuk jantung dan kesehatan. Ia berharap untuk mencari tahu lebih lanjut di studi selanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.