Kompas.com - 05/02/2018, 20:29 WIB
Ilustrasi masalah seksual AntonioGuillemIlustrasi masalah seksual
EditorWisnubrata

KOMPAS.com — Cemas dan khawatir adalah hal yang wajar, terutama saat berhubungan intim untuk pertama kalinya. Namun, rasa cemas berlebihan dapat mengacaukan kehangatan di atas ranjang, bahkan bisa mematikan gairah seksual. Bagaimana bisa?

Seks seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan, menguatkan ikatan batin, dan menghilangkan stres. Namun, baik itu perasaan cemas biasa maupun masalah psikologis yang lebih serius, cemas berlebihan akan mendinginkan panasnya aktivitas di atas tempat tidur.

“Semua jenis kecemasan bisa mengganggu kepuasan seksual,” ujar Laurel Steinberg, PhD, terapis seks dan profesor psikologi di Universitas Columbia.

Berikut adalah berbagai sebab bagaimana cemas berlebihan bisa memengaruhi kehidupan seks:

1. Menurunkan libido

Rasa cemas berlebihan dan ketakutan yang tidak masuk akal dapat membuat tubuh melepaskan hormon stres adrenalin dan kortisol dalam jumlah banyak.

Kombinasi keduanya dapat membuat kita semakin merasa stres, panik, dan gelisah. Cemas dan panik berlebihan juga dapat membuat kita mengalami hiperventilasi yang dapat menyebabkan serangan panik di tengah sesi bercinta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Semua dampak negatif ini menghadang kerja hormon mood bahagia dan libido untuk merangsang gairah. Bila tubuh tidak mampu rileks dan menikmati rangsangan seks dengan baik, hal ini dapat menyulitkan seseorang mencapai orgasme dan merasakan kepuasan seksual.

Baca juga: Makanan yang Mendongkrak Libido Pria

2. Menurunkan kepercayaan diri

Pada akhirnya, dampak negatif cemas berlebihan ini akan menurunkan kepercayaan diri. Kita justru akan semakin memikirkan segala kekurangan fisik yang (mungkin) kita miliki.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.