Kompas.com - 06/02/2018, 10:05 WIB
Ilustrasi olahraga lunges GeorgeRudyIlustrasi olahraga lunges
EditorWisnubrata

Mungkin kamu pernah mendengar beberapa orang bertanya-tanya, aktivitas fisik yang bagus seperti apa agar badan sehat dan bugar? Harus latihan jenis apa dan berapa lama latihannya?

Nah, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, pada dasarnya tidak ada satu jenis latihan saja yang menyediakan semua manfaat kesehatan.

piramida aktivitas fisikpiramida aktivitas fisik piramida aktivitas fisik
Ada beberapa jenis aktivitas fisik yang dibutuhkan untuk mencapai tubuh yang sehat dan bugar secara keseluruhan. Tak usah bingung, piramida aktivitas fisik bisa menjelaskan apa saja aktivitas fisik yang sebenarnya kita butuhkan.

Layaknya makanan yang memiliki piramida makanan, aktivitas fisik pun demikian. Piramida ini menjelaskan kebutuhan aktivitas yang sebenarnya diperlukan tiap orang, yakni seberapa sering satu jenis aktivitas sebaiknya dilakukan, seberapa keras intensitasnya, dan seberapa lama latihan dilakukan dalam satu sesi.

Piramida juga menggambarkan beberapa jenis aktivitas fisik dalam setiap levelnya. Secara umum, ada tiga jenis aktivitas fisik yaitu:

  •     Aktivitas fisik untuk ketahanan atau endurance pada level 2
  •     Aktivitas fisik untuk kelenturan pada level 3
  •     Aktivitas fisik untuk kekuatan pada level 3

Sedangkan pada level 1 atau bagian dasar, ada gaya hidup sedentari (kurang bergerak atau kurang aktif) yang banyak dijalani orang-orang modern yang tinggal di kota besar.

Semakin mengerucut ke atas, kebutuhan jenis aktivitas fisiknya pun semakin sedikit.

Aktivitas fisik level 1

Ilustrasi naik tanggaDziggyfoto Ilustrasi naik tangga
Aktivitas fisik level 1 ini adalah aktivitas yang paling dasar dan harus dilakukan setiap hari, sesering mungkin. Ini adalah aktivitas fisik sehari-hari dalam kebiasaan hidup kita.

Contoh aktivitas fisik pada level 1 adalah:

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X