Kompas.com - 07/02/2018, 07:51 WIB
Ilustrasi Ayah dan Anak monkeybusinessimagesIlustrasi Ayah dan Anak
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Keluarga adalah harta paling berharga di dunia ini. Namun, seiring bertambahnya usia, kita semakin sibuk dengan diri sendiri dan melupakan orangtua. 

Kita semakin jarang berkomunikasi dengan mereka. Padahal, jasa orangtua sungguh besar bagi kehidupan kita. Dan kita tak mungkin sanggup membayarnya.

Kurangnya perhatian pada orangtua ini, menurut sebuah riset dari University of California-San Francisco, ternyata berdampak besar pada kesehatan mereka.

Riset dilakukan selama 6 tahun dengan meneliti 1600 orang dewasa dengan rata-rata usia 71 tahun. Peneliti menganalisa rasa kesepian, penurunan fungsi tubuh, dan tingkat kematian yang terjadi pada subjek penelitian.

Hasilnya, periset menemukan bahwa 23 persen peserta riset meninggal dalam kesepian dalam 6 tahun. Sementara itu, hanya 14 persen peserta riset yang wafat dengan tingkat kasih sayang atau persaudaraan yang tinggi.

Baca :Generasi "Zaman Now" Telah Melupakan Kakek dan Neneknya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peneliti juga menemukan bahwa 43 persen peserta riset dengan usia di atas 60 tahun merasa lebih kesepian.

Dari hasil penelitian tersebut, periset menyimpulkan bahwa kesepian memainkan peranan besar dalam penderitaan manusia, terutama pada orangtua.

Kesepian ini juga berperan pada masalah medis seperti depresi, penurunan kognitif dan bahkan penyakit kardiovaskuler.

Dilansir dari laman hellosehat, kesepian ternyata berdampak pada kesehatan mental, gaya hidup dan kondisi fisik seseorang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.