Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Bibir Mudah Kering dan Pecah-pecah Saat Cuaca Dingin

Kompas.com - 07/02/2018, 10:00 WIB
Nabilla Tashandra

Penulis

KOMPAS.com - Cuaca dingin sebenarnya musuh bagi kulit, bukan hanya bagian tubuh tapi kulit bibir juga dengan cepat menjadi kering dan pecah-pecah. Bahkan, kadang tak ada lipbalm yang bisa membantu mengatasinya.

Bibir yang terlihat halus dan berwarna merah muda adalah tanda dari kelembapan yang cukup dalam lapisan kulit.

Dibandingkan dengan kulit di bagian tubuh lain, bibir memiliki banyak lapisan sel tipis yang disebut keratinosit, yang membuat kulit bibir kita menjadi rapuh jika kita dehidrasi.

Bibir juga tak memiliki lapisan sel stratum corneum yang cukup. Sel ini pada dasarnya mengandung molekul-molekul lemak seperti ceramide, yang bisa melindungi kulit kita dari kekurangan cairan.

Diperkirakan kekurangan cairan pada bibir tiga kali lebih cepat daripada area kulit yang lain.

Cuaca dingin memicu respons peradangan lokal pada bibir. Peradangan ini menimbulkan berkurangnya kelembaban bibir dan memicu kerusakan sel di bibir.

Akibatnya, kulit bibir pecah-pecah dan seperti bersisik, bahkan membuat warnanya lebih merah pada bagian permukaan dan dalam kulit.

Nah, jangan khawatir karena kamu bisa mencegah bibir pecah-pecah dan kering. Gunakan emolien, yang mampu membuat lapisan pelindung di kulit bibir dan menjaga kelembapannya.

Tapi, tidak semua lip balm memiliki efek yang sama dan tidak semua mengandung emolien. Kamu bisa mencari lip balm yang mengandung bahan seperti lanolin, shea butter dan cocoa butter.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com