Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Pemanis dari Sirup Jagung Terhadap Daya Ingat

Kompas.com - 07/02/2018, 11:45 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Pemanis buatan yang banyak dipakai dalam produk makanan dan minuman adalah sirup jagung (corn syrup). Pemanis ini juga banyak ditemukan dalam bumbu, permen, bahkan makanan bayi.

Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan tapi juga bisa menurunkan daya ingat.

Untuk mempelajari efek sirup jagung tinggi fruktosa di otak, para periset dari UCLA memberi makan zat ini ke tikus, bersamaan dengan jumlah asam lemak omega-3 yang beragam dalam makanan. 

Asam lemak omega-3 penting untuk fungsi otak, dan dapat ditemukan pada ikan laut, biji rami, dan kenari.

Setelah selama enam pekan mengasup makanan yang kandungan omega-3 nya dikurangi, tikus tersebut mengalami masalah ingatan. Kondisi lebih buruk ditemukan pada tikus yang mengasup sirup jagung tinggi fruktosa.

"Mengonsumsi makanan tinggi fruktosa selama jangka panjang mengubah kemampuan otak untuk belajar dan mengingat informasi. Tetapi, menambahkan asam lemak omega-3 ke makanan, dapat membantu meminimalkan kerusakan,” kata penulis studi Fernando Gomez-Pinilla. 

Kuncinya adalah konsumsi sirup jagung dalam jumlah sesedikit mungkin. Sebab, semua tikus yang mengonsumsi sirup jagung tinggi fruktosa menunjukkan gejala penurunan kemampuan mengingat—terlepas apakah suplemen tersebut ditambah dengan asam lemak omega-3 atau tidak. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com