Kompas.com - 07/02/2018, 12:47 WIB
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Rambut beruban sering dikaitkan dengan tanda penuaan, sehingga banyak orang risau bila warna rambutnya berubah jadi abu-abu.

Tak hanya itu, munculnya uban juga menimbulkan ragam pertanyaan soal kesehatan, seperti: apakah saat rambut beruban, bagian tubuh lain juga menua? Jika iya, apakah berdampak bagi kesehatan?

Memang, rambut beruban merupakan tanda penuaan. Hal ini karena hilangnya melanosit di rambut, sel yang menghasilkan pigmen di kulit, menurut Melissa Piliang, dermatolog di Cleveland Clinic.

Seiring bertambahnya usia, rambut berangsur-angsur berhenti memproduksi pigmen melanin. Awalnya, rambut akan berwarna abu-abu, kemudian berangsur memutih.

Proses ini tidak akan memengaruhi keratinosit, yang berfungsi memproduksi serat rambut, sehingga tak akan ada perubahan pada struktur rambut.

Perlu dicatat, tidak semua orang beruban pada usia yang sama.

Baca juga : Mengapa Rambut Sudah Beruban di Usia Muda?  

“Hingga kini, 90 persen faktor rambut beruban karena genetik, namun kami masih memiliki pengetahuan terbatas tentang gen yang menyebabkan hal tersebut” ujar Steve Daveluy, M.D., asisten profesor dan direktur program dari Wayne State Dermatology.

Dia menambahkan usia rata-rata rambut beruban pada orang Kaukasian sekitar pertengahan 30-an, orang Asia di akhir 30-an dan usia 40-an untuk orang Afro-Karibia. 

Namun ada standar sendiri untuk rambut beruban. 

"Sekitar 50 persen orang, separuh rambutnya akan beruban pada usia 50," kata Piliang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.