Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu Tepat Anak Mulai Dikenalkan Mainan Balok Susun?

Kompas.com - 08/02/2018, 20:56 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mainan balok susun disebut memiliki manfaat bagi kreativitas anak. Hal ini lantaran mainan tersebut menstimulus anak untuk berpikir kreatif. Nah, tapi sejak kapan anak bisa bermain susun balok?

Psikolog Ratih Ibrahim mengungkapkan, sejak bayi anak sebenarnya sudah bisa diperkenalkan, namun tentu saat itu balok susun belum bisa dimainkan dan belum bermanfaat. 

Karena itu, esensinya bukan pada pengenalan, tapi bagaimana dimainkan dan bisa menstimulus otak anak. Baca juga : Yuk, Main Lego Sepuasnya di Ajang Bricklive

“Paling baik mengenalkan lego pada anak ketika usia mereka di atas satu tahun,” ungkap psikolog lulusan Universitas Indonesia di PIK Avenue, Jakarta, Kamis (8/2/2018). 

Pengenalan bisa dilakukan sesuai dengan usia. Untuk mengetahuinya, mainan balok susun merek Lego menyediakan kategori usia dan koleksi.

Biasanya koleksi untuk anak-anak usia satu tahun berukuran lebih besar agar terhindar risiko tertelan. Sementara lego di atas usia tersebut bisa berbentuk yang menantang dan kreatif, tergantung yang diinginkan.

Dia menambahkan, bagian paling penting dari permainan balok susun adalah untuk menstimulasi kecerdasan anak. 

Karena itu, saat bermain, dia menyarankan untuk tetap mendampingi anak agar bisa memberikan masukan-masukan dan arahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com