5 Hal Tak Terduga yang Bisa Menyebabkan Penis Mengecil

Kompas.com - 08/02/2018, 21:12 WIB
Ilustrasi.Shutterstock Ilustrasi.

KOMPAS.com - Selain bisa membesar karena ereksi, tahukah kamu bahwa penis ternyata juga bisa mengecil?

Pada umumnya, ukuran penis saat sedang “lembek” adalah 5-10 cm, sementara saat ereksi bisa mengembang hingga 13 – 14.5 cm.

Namun dipengaruhi oleh berbagai faktor, penis bahkan bisa mengecil hingga dua sentimeter atau lebih. Apa saja penyebab penis mengecil?

1. Penuaan

Penuaan alami adalah penyebab penis mengecil yang paling utama. Pasalnya, semakin tua usia semakin banyak lemak yang menumpuk di dinding pembuluh darah tubuh. Penyempitan pembuluh darah dapat mengurangi aliran darah dari jantung menuju penis.

Tidak hanya itu, seiring waktu, luka kecil yang terjadi secara berulang di daerah penis akibat aktivitas seks atau olahraga bisa membentuk jaringan parut.

Kombinasi faktor-faktor tersebut bisa menciutkan ukuran penis dalam keadaan normal maupun saat ereksi.

Baca juga : Seiring Bertambahnya Usia, Apakah Ukuran Penis Bisa Menyusut?

2. Kegemukan

Perut buncit atau kelebihan berat badan akibat obesitas bisa membuat penis tampak mengecil, padahal sebenarnya ukuran penis tidak mengalami perubahan sama sekali.

Hal ini karena sebagian batang penis tertutup oleh lemak perut. Pada pria yang sangat gemuk, lemak perut bahkan bisa menutupi hampir seluruh batang penis sehingga yang bisa dilihat dari atas hanyalah ujung kepalanya saja.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X