Penyebab Kulit Wajah Sering Gatal

Kompas.com - 09/02/2018, 10:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Terkadang kulit wajah bisa terasa gatal. Bukan hanya mengganggu, tapi juga kita sulit mengontrol gatal ini. Untuk mengatasinya, tentu kita harus tahu penyebab kulit wajah gatal.

- Alergi musiman
Alergi karena lingkungan atau musim merupakan penyebab tersering wajah terasa gatal. Hal ini terutama dialami mereka yang tinggal di negara empat musim.

- Kulit kering
Kelembaban kulit yang menurun juga bisa menyebabkan kulit menjadi gatal.

- Eksim
Lebih dari sekadar kulit yang mengering, eksim adalah rasa gatal ekstrim dan sulit diatasi. Eksim juga merupakan bagian dari alergi.

- Alergi makanan dan obat
Reaksi alergi terhadap makanan dan obat juga bermanifestasi pada kulit.

Rasa gatal di wajah yang disebabkan oleh alergi bisa diatasi dengan obat-obatan. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapat obat yang tepat.

Sementara itu, jika rasa gatalnya timbul karena kulit kering, pemakaian pelembab dan cukup minum air bisa membantu menghidrasi kulit. Pilih pelembab khusus untuk kulit wajah kering dan sebaiknya pilih produk yang bebas pewangi atau zat tambahan lain.



Sumber Verywell
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X