7 Makanan Sehat yang Ampuh Mencegah Jerawat

Kompas.com - 09/02/2018, 13:11 WIB
Ilustrasi pria dan alpukat vadimguzhvaIlustrasi pria dan alpukat
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Memiliki kulit bersih dan sehat adalah sesuatu yang didambakan banyak orang. Sayangnya, entah karena stres, kelelahan, atau perubahan cuaca, kulit bisa berjerawat.

Untungnya, ada beberapa makanan yang ampuh mencegah jerawat muncul.  Menambahkan salah satu dari beberapa makanan di bawah ini, bisa membantu membersihkan kulit luar dan dalam. Apa sajakah makanan itu?

1. Alpukat

Alpukat termasuk jenis buah yang digemari karena nutrisinya yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah ini kaya akan vitamin E yang bisa meningkatkan kelembapan dan kekenyalan kulit sehingga menjaganya tetap awet muda.

Tidak hanya itu, alpukat juga merupakan sumber vitamin C yang baik untuk mengurangi peradangan kulit dan merupakan pelembap alami untuk kulit.

Baca juga : Buah Alpukat Dianggap Buah Super, Apa Saja Khasiatnya?

2. Kacang-kacangan

Kebanyakan orang yang memiliki jerawat biasanya terkait dengan kekurangan mineral seperti seng dan selenium. Nah, kamu bisa mendapatkan asupan mineral tersebut dari kacang-kacangan.

Pasalnya, kacang-kacangan mengandung selenium, vitamin E, tembaga, magnesium, mangan, kalium, kalsium, serta zat besi yang semuanya baik untuk kesehatan kulit.


Ilustrasi makanan sehatthinkstock Ilustrasi makanan sehat
3. Buah anggur merah

Buah dan biji anggur merah kaya akan kandungan bahan kimia dan antioksidan yang bisa membantu mengobati peradangan kulit seperti psoriasis dan eksim.

Tidak hanya itu, buah anggur merah pun juga dikenal dapat membantu mengatasi efek samping dari reaksi alergi pada kulit.

Baca juga : Anggur Merah Ternyata Membantu Mencegah Kematian Sel Otak

4. Nasi merah

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X