Cokelat Apa yang Aman Dikonsumsi Anak?

Kompas.com - 09/02/2018, 13:54 WIB
Ilustrasi anak makan kue cokelat CreativaImagesIlustrasi anak makan kue cokelat
|
Editor Wisnubrata
JAKARTA, KOMPAS.com  - Seringkali orangtua melarang anak makan cokelat karena berbagai alasan, seperti merusak gigi, takur kegemukan hingga menjadi hiperaktif.
 
Nah, masalah-masalah tersebut memang bisa saja terjadi, tapi bukan karena cokelat, melainkan kandungan dalam olahan cokelat.
 
Kalau begitu, cokelat seperti apa yang baik dikonsumsi anak?
 
Pakar dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Rita Ramayulis mengatakan, cokelat paling aman dikonsumsi adalah yang mengandung 70 persen kakao atau biasa disebut dark chocolate.
 
Besarnya jumlah kakao itu sangat bermanfaat untuk anak, mulai dari menjaga kekebalan tubuh hingga melindungi gigi. 
 
 
Dia juga memastikan bahwa rasa dark chocolate tidak terlalu pahit, karena masih mengandung gula dengan jumlah sedikit. 
 
Bila tak suka, maka orangtua bisa memilih cokelat susu atau cokelat lain yang memiliki kandungan kakao di atas 45 persen untuk anaknya. Namun, kata Rita, antioksidan cokelat seperti itu sudah tak ada lagi.
 
"Yang paling tidak dianjurkan itu cokelat dengan kandungan kakao di bawah 33 persen, 20 persen, bahkan yang lebih parah 7 persen. Itu cokelat abal-abal," kata Rita di KidZania, Jakarta, Jumat (9/2/2018).
 
Di sisi lain Rita juga menyarankan agar orangtua mengenalkan rasa asli makanan pada anak sejak kecil, termasuk cokelat.Bukan rasa yang sudah ditambah pemanis atau penyedap.
 
"Sekarang kan gini, anak minta cokelat, ditanya rasanya apa, manis. Dikasih teh, rasanya apa, manis. Dikasih kopi rasanya apa, manis. Padahal rasa aslinya bukan itu," kata Rita.
 
Karenanya, sejak kecil kenalkan rasa asli dari masing-masing bahan yang dikonsumsi anak agar terbiasa," ujarnya.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X