Cokelat Bikin Kamu Fokus, Kok Bisa?

Kompas.com - 09/02/2018, 18:51 WIB
Ilustrasi cokelat DianaDudaIlustrasi cokelat
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Kalau enggak suka kopi, tapi ingin dapat efek konsentrasi dari makanan, Kamu perlu mencoba cokelat, kenapa?

Ternyata, di balik rasanya yang sering disebut pahit--cokelat punya manfaat serupa kopi soal meningkatkan fokus.
 
Ahli gizi dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Rita mengungkapkan, cokelat memiliki dua antioksidan--flavanoid dan alkaloid.
 
Adapun senyawa alkaloid dalam cokelat berbentuk teobromina, "yang kalau kita makan akan memberikan stimulan ringan," kata Rita di KidZania, Jakarta, Jumat (9/2/2018).
 
Efek tersebut serupa kafein dalam kopi yang bisa memberikan rangsangan. Dengan catatan, kopi yang diasup tak lebih dari dua cangkir sehari.
 
Dia menambahkan efek cokelat akan merangsang saraf secara lembut kemudian dapat meningkatkan fokus, konsentrasi. 
 
"Makanya dulu orang-orang kerajaan sering memberikan anak mereka cokelat saat pagi hari untuk meningkatkan konsentrasi, tapi cokelat hitam dengan sedikit gula," ungkap Rita.
 
Selain itu, cokelat murni akan meningkatkan pelepasan dopamin dan menyediakan flavonoid untuk arteri. Jumlah yang direkomendasikan sebanyak 1 ons sehari untuk menggantikan konsumsi cokelat susu. 
 

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X