Kompas.com - 10/02/2018, 18:24 WIB
Ilustrasi bersepeda di kota PurestockIlustrasi bersepeda di kota

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus tertabraknya pesepeda oleh mobil di Jakarta pada Sabtu (10/2) pagi hingga menewaskan satu orang, mengingatkan kembali bahaya yang masih dihadapi pesepeda di kota besar karena harus berbagi jalan dengan kendaraan bermotor.

Untuk mengurangi risiko kecelakaan, Hendi Rachmat, pendiri Westbike Messenger, jasa pengantaran paket dengan sepeda, memberikan tips aman mengayuh sepeda di jalan raya.

1. Perlengkapan pendukung keselamatan

Entah kamu bersepeda untuk santai, olahraga, atau ngantor, pastikan untuk menggunakan aksesoris pendukung keselamatan. Di antara perlengkapan pesepeda, paling penting adalah helm.

Hendi mengatakan tak sedikit pesepeda yang bandel dan malas menggunakan helm yang berujung fatal saat terjadi musibah. Fungsi helm sendiri untuk melindungi kepala—organ paling penting—ketika terjadi kecelakaan atau hal tak diinginkan.

Kalau kamu berkendara saat malam hari, pastikan juga untuk memasang lampu di bagian belakang—sepeda atau helm.

"Bisa ditaruh di sepeda atau helm. Paling penting harus sejajar dengan kendaraan, tidak terlalu bawah atau atas dan harus terlihat," ujarnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

(Baca juga: Bersepeda Ganggu Fungsi Seksual, Benarkah?)

2. Gunakan lajur aman

Hingga saat ini memang belum tersedia lajur khusus yang diberikan kepada pesepada. Tapi, sementara ini jalur paling aman adalah di sisi kiri, kata Hendi.

"Pastikan untuk tidak terlalu menjorok ke luar (tengah jalan)," katanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X