Kompas.com - 11/02/2018, 10:19 WIB
Dokter Tirta, pendiri Shoes and Care dan Communion KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYADokter Tirta, pendiri Shoes and Care dan Communion
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak pernah ada yang tahu rezeki datang dari mana. Terus lakukan yang disukai, pantang mundur dan jeli lihat peluang. Begitu kira-kira prinsip Tirta Mandira Hudi atau akrab dikenal dokter Tirta.

Titel dokternya bukan sembarangan. Pria kelahiran Surakarta ini memang asli jebolan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada—tapi justru meraih kesuksesan di tempat lain, bisnis cuci dan titip jual sepatu.

Deretan usahanya sedari Shoes and Care, tempat cuci sepatu, hingga Communion, titip jual sepatu. Semua terbilang sukses.

Tapi, siapa sangka, kalau ternyata Tirta sebelumnya berulang kali bangkrut. Bahkan di riwayat hidup yang diperlihatkan, ia tak segan-segan mencantumkan ‘bangkrut’ sebagai pengusaha.

Ditemui di gerai Communion, Yogyakarta, Tirta cerita panjang lebar soal perjalanan bisnisnya yang digeluti sejak berstatus mahasiswa kedokteran.

Berawal dari reseller powerbalance, jam monol, kemudian flashdisk minion. Semua tak bertahan lama, dan berakhir tanpa hasil.

Nasib kian bertambah buruk saat Tirta tertipu menjual sepatu Macbeth dan berakhir dengan kebangkrutan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saya bangkrut di sesuatu yang saya sukai, sepatu,” kata Tirta kepada Kompas Lifestyle, Jakarta, Sabtu (3/2/2018).

Karena kebangkrutan itu, dia bercerita pernah selama sebulan makan nasi aking, dan roti berjamur.

Tirta memutar otak dan mencoba peruntungan lain dengan menjual koleksi sepatunya. Sebelum dijual, dia mencuci lebih dulu agar terlihat ciamik. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.