Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/02/2018, 22:12 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

SHANGHAI, KOMPAS.com - Jauh sebelum keberadaan Inspired by Architecture, arloji Mido punya sebuah ambassador yang terkenal dan melegenda. 

Dia adalah Robi, sebuah robot yang dldapuk sebagai duta pada tahun 1939.  Di tahun itu pula diluncurkan “Mido Dakometer”, penambahan fitur penunjuk tanggal di arloji Mido.

“Robi digunakan sebagai penanda modernisasi dan produksi massal Mido,” kata Vice President Mido Indonesia Steven Cheng, di Shanghai, China.

Berbentuk robot dengan jam tepat di badannya, Robi juga menjadi simbol ketahanan—salah satu nilai Mido yang dipegang hingga kini. 

Di sisi lain, salah satu bentuk modernisasi Mido kala itu adalah dengan perluasan pabrik yang lebih modern.

Usia Robi kini sudah 79 tahun. Namun, eksistensi Robi sebagai ambassador masih diperhitungkan.

Pada perayaan 100 tahun Mido, Robi dimunculkan kembali. Tetap seperti bentuk Robi pertama kali diluncurkan, tak berubah sedikit pun.

“Tadinya mau dibikin modern, tapi ternyata masukannya jangan, karena akan terlihat seperti Iron Man. Kami putuskan untuk tetap desainnya seperti dulu,” katanya.

Ke depan, Robi tak akan diubah dan tetap menjadi legenda dan warisan Mido. Sama seperti arloji Mido seri Commander yang melegenda hingga kini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com