Redakan Batuk dan Jerawat, Kenali Manfaat Alami Madu

Kompas.com - 12/02/2018, 11:39 WIB
Ilustrasi madubusinessweek.com Ilustrasi madu

KOMPAS.com - Madu sering dipakai sebagai pemanis pengganti gula pasir. Namun, keunggulan madu tak hanya pada rasa manisnya. Cairan manis ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit kita.

1. Menekan batuk

Madu berkualitas baik bisa menjadi obat darurat saat batuk menyerang. Pemanis alami ini ternyata sama efektifnya dengan zat dekstrometrofan yang biasa digunakan sebagai pereda batuk dalam obat yang dijual bebas.

Madu dapat berfungsi sebagai pereda rasa sakit dan membentuk selaput di tenggerokan yang mampu memberi rasa lega dan meringankan iritasi penyebab batuk. Konsumsi 2 sendok teh madu sebelum tidur, maka tidur akan lebih nyenyak dan batuk lebih ringan pada keesokan harinya.

2. Memperbaiki kolesterol

Riset dari Dubai menemukan, dibandingkan dengan orang yang mendapatkan larutan glukosa, mereka yang mengonsumsi air dengan 75 gram madu alami selama 15 hari mengalami penurunan kolesterol kolesterol jahat (LDL) dan mengalami peningkatan kolesterol HDL yang merupakan kolesterol baik.

Baca :Benarkah Rajin Minum Teh Hijau Bisa Menurunkan Kolesterol?

3. Melembabkan kulit

Menurut pakar dermatologi Patrivia Farris, madu dapat berfungsi sebagai pelembab alami karena molekul gula di dalamnya dapat menahan air dari kulit.

Madu dapat menghasilkan lapisan film di kulit yang dapat mengunci air dan meningkatkan kelembaban. Itu sebabnya para ahli menyarankan kita untuk menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak madu.

4. Mengobati jerawat

Menurut Joey Green, penulis Joey Green's Magic Health Remedie, sifat antimikroba madu dapat mengurangi peradangan dari jerawat.

Halaman:



Close Ads X